• Hubungi kami, klik

Yuk Nikmati Keindahan Pantai Watu Lumbung Jogja Yang Memanjakan Mata

IMG_20211116_151857.jpg
IMG_20211116_151843.jpg
IMG_20211116_151830.jpg
IMG_20211116_151816.jpg

Wisata di Gunung Kidul memang tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Tak bisa dipungkiri jika Gunung Kidul menjadi surga bagi para pencita wisata alam terutama pantai. Bila anda hanya mengenal Pantai Parangtritis, kini cobalah untuk menjelajahi lebih dalam beberapa pantai yang tersebar di Gunung Kidul. Pantai Watu Lumbung adalah salah satu pantai yang terkenal karena karangnya yang kokoh. Yuk intip keindahan pantai Gunung Kidul satu ini.

Pesona Alam yang Dimilili Oleh Watu Lumbung Gunung Kidul

Watu Lumbung memiliki keindahan dan keistimewaan sendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini terdiri dari karang yang tersebar di sekitar pantai dan bukan pasir putih. Sesekali anda akan melihat ombak yang menerjang batu karang dan kemudian terhempas kembali ke lautan. Bahkan terkadang saat air pasang di beberapa bagian karang akan tenggelam oleh air laut.

Saat tiba di pantai lumbung, anda akan melihat pemandangan yang luar biasa tersaji di area pantai. Batuan dari Gunung batur yang merupakan kawasan cagar alam, terasering, dan kawasan hijau yang dihuni oleh kera ekor panjang akan tampak. Letak pantai ini pun berada di pedalaman sehingga bisa disebut pantai dengan surge tersembunyi di dalamnya.

Ciri khas dari Pantai Watu Lumbung adalah memiliki dua batu besar yang terletak di tengah pantai. Pemandangan akan semakin jelas saat disaksikan dari ketinggian sebelum turun menuju pantai. Menurut informasi yang beredar, panti karang yang menjorok ke tengah laut ini terbentuk karena letusan gunung api jutaan tahun lalu. Warga setempat menyebut batu yang berada di tengah pantai dengan nama batu lumbung .

Untuk menuju ke pantai ini anda harus rela melakukan trekking dengan melewati batuan yang licin. Namun apabila anda menyukai trekking perjalanan menuju pantai akan terasa menyenangkan. Batu karang yang bertebaran di sekitar pantai dan dikelilingi oleh bukit hijau ini menambah apik keindahan pantai tersebut.

Serunya lagi pantai ini dikelilingi oleh dua apntai yaitu Pantai Wediombo dan Pantai Gunung Batur. Meskipun letakanya sedikit tersembunyi, namun Pantai Watu Lumbung memang cukup dikenal oleh banyak orang untuk memancing. Sehingga anda akan menemukan banyak orang yang memancing ikan di area pantai ini. Namun ada baiknya anda tetap waspada untuk mendekati spot foto yang berbahaya.

Watu Lumbung Masih Asri dan Alami

Apabila anda berkunjung ke pantai ini anda sebaiknya membawa air minum sendiri. Hal ini dikarenakan area pantai yang belum menyediakan warung yang menjual makanan dan minuman. Perjalanan dari tempat parkir sampai pantai pun juga cukup menguras tenaga. Untuk itu lebih baik anda menyediakan bekal sendiri. Namun ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan pantai.

Selain itu fasilitas seperti penginapan maupun hotel juga belum tersedia di dekat pantai ini. Lokasinya yang berada agak jauh dari keramaian ini belum banyak dikenal dan hanya dikenal sebagai tempat mancing. Sehingga wisata pantai ini memang terjamin keasriannya dan alaminya. Sebagai pengunjung yang baik, anda tetap harus menjaga kebersihan pantai saat berkunjung ke Pantai Watu Lumbung.

Itulah beberapa ulasan mengenai pesona alam yang ada di Watu Lumbung. Saat berkunjung ke pantai ini, ada baiknya anda menyiapkan fisik dan bekal dengan matang sehingga anda tidak akan kehausan dan kelaparan. Birunya hamparan laut dan surga yang tersembunyi ini harus dimanfaatkan dengan baik dan dikelola dengan benar. Untuk itu saat berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.
 
Atas.