Universitas Swasta di Jogja Jurusan Arsitektur yang Bisa Jadi Pilihan Kuliahmu

Bercita – cita untuk menjadi seorang arsitek dan sedang mencari universitas swasta di Jogja jurusan arsitektur?

Jogja, punya banyak universitas terbaik yang menyediakan jurusan arsitektur. Tak hanya kampus negeri, kampus swasta di Jogja pun cukup banyak yang menawarkan jurusan arsitektur dengan akreditasi yang sangat oke. Jadi soal kualitas pendidikan, tak perlu diragukan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi untuk kalian yang sedang mencari kampus swasta di Jogja yang menyediakan jurusan arsitektur dengan akreditasi yang bagus. Berikut daftarnya!
1707219330088.png

Universitas Swasta di Jogja Jurusan Arsitektur

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan kampus swasta ini? Kampus yang sudah cukup tua ini merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Jogja. Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berdiri pada 27 September 1965 memiliki cukup banyak jurusan, salah satunya adalah jurusan arsitektur.

Program studi arsitektur di Universitas Atma Jaya terbuka untuk lulusan pendidikan menengah SMA, SMK, MAN atau sederajat dari semua jurusan.

Program studi ini nantinya akan diselesaikan dalam kurun waktu 8 semester dan paling lama 14 semester dengan beban studi sebanyak 144 SKS. Untuk alamatnya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta berada di Jalan Babarsari Nomor 44, Janti, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akademi Teknik YKPN

Akademi Teknik YKPN merupakan sebuah universitas yang berdiri pada 17 Februari 1972 dengan surat keputusan pusat nomor 001/Kep/P-PYKPN/II/72 mengenai pendirian dan atau pembukaan Akademi Arsitektur YKPN.

10 tahun kemudian, status akademi-nya ditingkatkan menjadi ‘Diakui’. Hal tersebut sesuai dengan keputusan SK Mendikbud RI Nomor 0186/0/1985. Setelah SK Mendikbud tersebut, Akademi Arsitektur YKPN juga akhirnya berubah nama menjadi Akademi Teknik YKPN yang dikenal sampai sekarang.

Pada 22 Desember 1991, dengan semakin bagusnya kualitas kampus, Akademi Teknik YKPN juga dinaikkan kembali statusnya menjadi Disamakan. Kini akreditas kampus jurusan arsitektur Akademi Teknik YKPN juga sudah oke.

Jurusan arsitektur Akademi Teknik YKPN sesuai keputusan BAN-PT nomor 207/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 mendapatkan peringkat akreditasi B.

Universitas Islam Indonesia

Berusaha selalu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, jurusan arsitektur Universitas Islam Indonesia menjadi salah satu universitas swasta di Jogja yang terbaik.

Program studi arsitektur di Universitas Islam Indonesia (UII), menjalankan sistem pendidikannya dengan kurikulum pendidikan terbaru outcome based education, tren pendidikan arsitektur 4.0 yang relevan dengan masa sekarang, dan juga program merdeka belajar – Kampus Merdeka.

Pembelajaran dalam perkuliahan bisa dipastikan menyenangkan, efektif, aktif, dan tidak membosankan bagi mahasiswa. Hal tersebut sesuai dengan tujuan utama UII untuk mencetak generasi penerus bangsa yang tangguh, adaptif dan solutif demi masa depan bangsa.

Untuk akreditasi jurusannya, pada bulan Juni 2020, program studi Arsitektur UII menerima akreditasi unggul oleh Badan Akreditasi Nasional melalui program penyetaraan peringkat akreditasi internasional Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) yang didapatkan oleh jurusan Arsitektur UII pada Januari 2020. Akreditasi Unggul tersebut berlaku sampai bulan Juni 2025, sementara Akreditasi KAAB berlaku sampai Januari 2026.

Tentu saja ke depan, program studi Arsitektur UII secara khusus akan terus berusaha meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar menjadi sentra pendidikan arsitektur terbaik di Indonesia. Untuk alamat kampusnya, UII berada di Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta.

Itulah beberapa kampus swasta di Jogja jurusan arsitektur yang memiliki kualitas dan mutu pendidikan terbaik. Jadikan salah satunya sebagai kampus pilihanmu.​
 
Back
Atas.