UGM Tutup Jurusan D3 Tahun Ini, Gantinya Lebih Keren! Share Post

#1
Tahun ajaran baru segera tiba, beberapa perguruan pun telah membuka jalur pendaftaran calon mahasiswa. Namun, kabar mengejutkan datang dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Secara resmi, Sekolah Vokasi UGM menyatakan tidak lagi menerima calon mahasiswa Diploma 3 (D3).

Mahasiswa D3 tetap diselesaikan dan diluluskan, tetapi mulai tahun ini kami tidak lagi membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa D3.

Pada tahun ajaran baru ini sekolah vokasi UGM akan membuka pendaftaran 13 program studi (prodi) Sarjana Terapan atau setara dengan S1 (Level KKNI). Dari sekian prodi tersebut, terdapat sembilan prodi yang baru dibuka pada tahun ajaran 2018/2019. Nantinya, lulusan sarjana terapan itu dapat menyandang gelar S.Tr. Mereka pun dapat langsung melanjutkan pendidikan di jenjang S2 ataupun S2 Terapan baik dalam dan luar negeri.

Wikan menambahkan, keputusan pembuatan prodi baru Sarjana Terapan dilakukan untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi mahasiswa untuk membangun karir. Menurutnya, serapan perusahaan terhadap lulusan D3 sebenarnya sangat tinggi tetapi pertumbuhan karirnya tidak begitu cepat.