Tips Mengatasi Masalah Stress Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Masalah Stress Pada Ibu Hamil.jpg

Dalam kondisi hamil, selain fisik yang berubah anda yang pun akan mengalami perubahan dalam segi psikis yang mana memang cendrung lebih sensitif yang mana dengan kecenderungan psikis yang berubah menjadi lebih sensitif ini, anda akan rentan mengalami stress pada masa – masa kehamilan. Tentu saja hal ini terjadi dikarenakan adanya masalah perubahan hormon yang signifikan dalam tubuh anda, sehingga stress semasa kehamilan pun tidak bisa terhindarkan lagi.

Stress pada ibu hamil ini sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan, karena akan berdampak yang tidak baik pada kesehatan ibu dan juga perkembangan janin yang sedang anda kandung. Untuk mengatasi stress pada ibu hamil ini sendiri pun, anda bisa mengatasinya dengan berbagai macam cara yang sebenarnya sederhana dan simple, yang akan diulas lebih jauh lagi seputar cara mengatasi stress pada ibu hamil seperti dibawah ini.
Tips Mengatasi Masalah Stress Pada Ibu Hamil

Istirahat cukup
Dengan memenuhi waktu istirahat yang cukup untuk ibu hamil, anda bisa terhindar dari resiko stress bahkan keguguran. Anda bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan janin yang sedang dikandung, yang mana ketika janin sudah berusia 23 minggu sudah memiliki kemampuan untuk mendengarkan. Namun yang perlu diperhatikan adalah hindari waktu tidur di pagi hari yang mana justru akan sangat berbahaya untuk ibu dan janin.

Makanan makanan yang bergizi
Selain itu, makanan yang bergizi tinggi merupakan salah satu solusi jitu untuk membantu ibu hamil agar terhindar dari stress. Maka sebaiknya makanlah makanan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. seperti ikan tuna, kacang – kacangan, dan juga lemak yang ada pada ikan salmon untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hingga membantu perkembangan janin menjadi lebih sehat dan juga terhindar dari resiko cacat fisik.​

Olahraga ringan
Selain itu, dengan berolahraga ringan, merupakan salah satu cara jitu untuk membantu mengatasi stress semasa kehamilan. Dengan berolahraga ringan akan membantu meningkatan suasana hati. Tubuh pun akan jauh lebih nyaman dengan perubahan fisik selama kehamilan dengan melakukan olahraga ringan yang bisa anda coba lakukan selama dalam masa kehamilan. Contohnya saja seperti jalan kaki, hingga latihan pernafasan, sampai yoga.

Berkomunikasi dengan pasangan
Tentu saja ibu hamil memang memiliki perasaan yang cemas dimana tingkat kecemasanan nya memang terbilang cukup berlebihan. Nah, untuk hal ini, peranan suami memang sangat penting, yang mana dengan berkomunikasi bersama dengan pasangan merupakan salah satu cara dan solusi yang jitu untuk melepaskan beban stress dan kecemasan selama mengalami kehamilan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi stress pada ibu hamil. Memang peranan lingkungan sekitar hingga asupan nutrisi yang cukup berperan untuk membantu meminimalisir dan mengatasi stres yang terjadi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.​
 
Back
Atas.