Ketimpangan jumlah lulusan dengan angka lowongan kerja menjadikan posisi pelamar kerja semakin sulit. Apalagi kalau goalsnya kerja kantoran. Kondisi tersebut nyatanya tak hanya terjadi di satu wilayah Indonesia saja, melainkan terjadi di berbagai daerah termasuk Jogja. Karena itu tips cepat dapat kerja kantoran menjadi informasi yang sangat dicari saat ini.
Khususnya bagi warga Jogja dan sekitarnya yang sedang berjuang mendapatkan pekerjaan khususnya kalau ingin diterima bekerja sebagai karyawan kantor. Berikut kami ulas beberapa tips cepat dapat kerja kantoran yang bisa diterapkan supaya cepat dapat kerja, yuk simak!
Tips Cepat Dapat Kerja Kantoran Untuk Warga Jogja
1. Siapkan CV (Curriculum Vitae) sebaik mungkin
CV (Curriculum Vitae) merupakan suatu daftar riwayat hidup yang kehadirannya menggambarkan hidup calon pelamar mulai dari biodata lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau pengalaman organisasi, sampai dengan skill yang dimiliki.
Untuk kalian yang tertarik bekerja di kantor dan ingin memiliki nilai plus ketika melamar kerja di kantoran, pastikan CV kalian memiliki hardskill dan softskill yang mumpuni. Selain perlu memiliki keterampilan microsoft office mulai dari word, excel, dan power point, juga penting memiliki softskill seperti kemampuan manajemen, kemampuan komunikasi, kemampuan penalaran, kemampuan problem solving, dan sebagainya.
Upayakan juga untuk menyiapkan CV yang profesional dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, hindarkan penggunaan 1 CV untuk apply semua pekerjaan karena dikhawatirkan kurang sesuai dengan posisi dan keperluan perusahaan yang dilamar. Jadi, lebih baik sesuaikan kembali CV yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan dan posisi lamaran kerja.
2. Miliki relasi yang luas
Yaps, relasi juga menjadi aspek sangat penting karena sampai saat ini di Indonesia, tak terkecuali di Jogja, banyak informasi lowongan kerja kantoran yang disebarkan lewat orang yang bekerja di perusahaan tersebut.
Oleh sebab itu, supaya informasi lowongan kerja kamu semakin luas, miliki relasi yang luas juga. Bahkan tak jarang loh, sebuah perusahaan menerima lamaran kerja dari orang yang dikenali karyawannya karena dianggap karyawan perusahaan tersebut mengenal kepribadian calon karyawan yang akan diterima lebih baik dari perusahaan. Karena itu, memiliki pergaulan dan relasi yang luas tak ada salahnya.
3. Pastikan skill kamu mumpuni dengan bidang kerja yang dilamar
Setiap perusahaan pasti mengutamakan pelamar yang memiliki skill bagus sesuai kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu, sebelum melamar, pastikan bahwa posisi pekerjaan yang kamu lamar memang membutuhkan skill sesuai skill yang kamu miliki.
Dengan skill sesuai yang dimiliki, mendapatkan pekerjaan tentu akan jauh lebih mudah karena pastinya kamu memiliki nilai plus dibandingkan pelamar lainnya.
Terkait skill sendiri, ada yang namanya soft skill dan hard skill. Pastikan asah terus soft skill dan hard skill kamu karena hal tersebut sangat bagus untuk menjadi bekal dalam mencari pekerjaan yang pas.
Mengenai apa saja soft skill yang perlu terus ditingkatkan di antaranya seperti :
CV (Curriculum Vitae) merupakan suatu daftar riwayat hidup yang kehadirannya menggambarkan hidup calon pelamar mulai dari biodata lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau pengalaman organisasi, sampai dengan skill yang dimiliki.
Untuk kalian yang tertarik bekerja di kantor dan ingin memiliki nilai plus ketika melamar kerja di kantoran, pastikan CV kalian memiliki hardskill dan softskill yang mumpuni. Selain perlu memiliki keterampilan microsoft office mulai dari word, excel, dan power point, juga penting memiliki softskill seperti kemampuan manajemen, kemampuan komunikasi, kemampuan penalaran, kemampuan problem solving, dan sebagainya.
Upayakan juga untuk menyiapkan CV yang profesional dan sesuai kebutuhan. Maksudnya, hindarkan penggunaan 1 CV untuk apply semua pekerjaan karena dikhawatirkan kurang sesuai dengan posisi dan keperluan perusahaan yang dilamar. Jadi, lebih baik sesuaikan kembali CV yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan dan posisi lamaran kerja.
2. Miliki relasi yang luas
Yaps, relasi juga menjadi aspek sangat penting karena sampai saat ini di Indonesia, tak terkecuali di Jogja, banyak informasi lowongan kerja kantoran yang disebarkan lewat orang yang bekerja di perusahaan tersebut.
Oleh sebab itu, supaya informasi lowongan kerja kamu semakin luas, miliki relasi yang luas juga. Bahkan tak jarang loh, sebuah perusahaan menerima lamaran kerja dari orang yang dikenali karyawannya karena dianggap karyawan perusahaan tersebut mengenal kepribadian calon karyawan yang akan diterima lebih baik dari perusahaan. Karena itu, memiliki pergaulan dan relasi yang luas tak ada salahnya.
3. Pastikan skill kamu mumpuni dengan bidang kerja yang dilamar
Setiap perusahaan pasti mengutamakan pelamar yang memiliki skill bagus sesuai kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu, sebelum melamar, pastikan bahwa posisi pekerjaan yang kamu lamar memang membutuhkan skill sesuai skill yang kamu miliki.
Dengan skill sesuai yang dimiliki, mendapatkan pekerjaan tentu akan jauh lebih mudah karena pastinya kamu memiliki nilai plus dibandingkan pelamar lainnya.
Terkait skill sendiri, ada yang namanya soft skill dan hard skill. Pastikan asah terus soft skill dan hard skill kamu karena hal tersebut sangat bagus untuk menjadi bekal dalam mencari pekerjaan yang pas.
Mengenai apa saja soft skill yang perlu terus ditingkatkan di antaranya seperti :
- Kemampuan teamwork yang baik
- Kemampuan berbicara di depan umum
- Kemampuan mengelola waktu juga menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu
- Kemampuan komunikasi
- Kemampuan menyampaikan pendapat dan bernegosiasi, dan sebagainya.
Sementara untuk hard skill yang perlu terus ditingkatkan sebagai bekal unggul dalam melamar kerja dan supaya bisa cepat dapat kerja kantoran di antaranya :
- Kemampuan beradaptasi dengan perkembangan teknologi
- Kemampuan memanfaatkan produk teknologi sesuai bidang yang dilamar
- Kemampuan otomatisasi dan sebagainya.
4. Ikut acara job fair
Sudah meningkatkan skill yang dimiliki tapi belum tahu info lowongan kerja untuk dilamar? Jika hal tersebut yang menjadi masalah dalam diri kamu, maka perlu kiranya agar kamu mulai mencari informasi jadwal job fair.
Biasanya di setiap daerah atau kota ada jadwal job fair yang diselenggarakan oleh dinas tenaga kerja setempat. Bahkan banyak juga perusahaan – perusahaan khususnya di Jogja yang menyelenggarakan acara seperti job fair ini.
Kamu bisa mengumpulkan informasi jadwal job fair dan kemudian hadirilah acara tersebut. Pastikan ketika menghadiri acara tersebut, kamu memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Pastikan juga ketika datang surat lamaran kerja, CV dan berkas yang dibutuhkan ke acara job fair sudah dibawa.
Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan terkait tips cepat dapat kerja kantoran untuk warga Jogja dan sekitarnya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat, dan semoga pekerjaan impian kamu bisa didapatkan ya.
Sudah meningkatkan skill yang dimiliki tapi belum tahu info lowongan kerja untuk dilamar? Jika hal tersebut yang menjadi masalah dalam diri kamu, maka perlu kiranya agar kamu mulai mencari informasi jadwal job fair.
Biasanya di setiap daerah atau kota ada jadwal job fair yang diselenggarakan oleh dinas tenaga kerja setempat. Bahkan banyak juga perusahaan – perusahaan khususnya di Jogja yang menyelenggarakan acara seperti job fair ini.
Kamu bisa mengumpulkan informasi jadwal job fair dan kemudian hadirilah acara tersebut. Pastikan ketika menghadiri acara tersebut, kamu memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan. Pastikan juga ketika datang surat lamaran kerja, CV dan berkas yang dibutuhkan ke acara job fair sudah dibawa.
Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan terkait tips cepat dapat kerja kantoran untuk warga Jogja dan sekitarnya. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat, dan semoga pekerjaan impian kamu bisa didapatkan ya.