Info Wisata Tempat Wisata Gunung Kidul Yang Memukau

Jogja

Moderator
Staff Member
#1
Gunung Kidul awalnya adalah bukit karst. Bukit karst yang terletak di selatan, telah mengalami peningkatan untuk membentuk topografi yang lebih tinggi dari sekitarnya. Begitu juga dengan utara yang telah terangkat hingga membentuk ledok yang memiliki relief cekung seperti piring. Daerah di selatan pada umumnya kerucut karst. Di sebelah utara adalah perbatasan atau transisi antara bukit struktural Baturagung dan ledok Wonosari yang berpotensi menyebabkan tanah longsor. Selain itu, proses geomorfologi di daerah ini berupa kerutan bumi yang besar selama musim kemarau. Ini menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan transisi antara bukit karst dan daerah Ledok Wonosari di Gunung Kidul.
Gunung Kidul memang telah lama dikenal memiliki banyak objek wisata alam yang mempesona. Mulai dari wisata pantai hingga perbukitan yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Jika Anda merencanakan liburan dengan pasangan atau keluarga Anda ke Jogja, ulasan tentang 5 tempat wisata alam di Gunung Kidul yang paling populer di artikel ini mungkin membantu Anda merancang rencana perjalanan jogja hari ini.
Ada banyak tempat wisata terkenal di Gunung Kidul, tetapi kali ini kami akan memberikan daftar yang paling hits yang harus dikunjungi oleh pecinta wisata alam di Gunung Kidul.
1. Pantai Sundak
Pantai Sundak terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu memanjakan mata. Kolaborasi antara air laut biru jernih, pasir pantai yang landai dan latar belakang bukit kapur yang eksotis dapat membius wisatawan. Maka jangan heran, jika pantai ini menjadi tempat wisata alam yang unggul di Gunung Kidul. Rute menuju Pantai Sundak sangat mudah, karena semua akses jalan beraspal. Bagaimana jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan layanan sewa mobil jogja seperti peri untuk menambah kenyamanan saat berlibur.
2. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang mendapat julukan "Pantai Kuta" Jogja. Karena, pantai ini masih sangat alami dan pemandangannya tidak kalah dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Di sekitar pantai ada batu karang yang menambah keindahan pantai. Sejarah pantai ini disebut Pantai Sepanjang karena pantai ini adalah pantai terpanjang di Gunung Kidul.
3. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayantai terletak tidak jauh dari Pantai Sundak, hanya berbatasan dengan bukit karang di area kedua pantai. Pantai ini tidak hanya menghadirkan keindahan pasir putih dan air laut yang jernih, tetapi juga pemandangan unik bukit karang yang membuat pantai ini semakin menarik. Pantai Indrayanti telah dilengkapi dengan fasilitas penginapan, kafe, dan restoran yang menawarkan berbagai menu mulai dari makanan laut olahan hingga menu khas Jogja. Di pantai ada juga gazebo yang membuat pengunjung merasa lebih nyaman untuk bersantai sambil menikmati suara ombak.
4. Bukit Bintang
Setelah seharian menghabiskan waktu menikmati keindahan pantai di Gunung Kidul, maka di malam hari Anda bisa mengunjungi Bukit Bintang. Bukit Bintang adalah salah satu tempat wisata yang sangat baik di Gunung Kidul. Sebab, di puncak Bukit Bintang, Anda bisa menyaksikan gemerlapnya Kota Jogja di malam hari yang sangat indah menyerupai taburan bintang.
5. Bukit Pengilon
Satu lagi tempat wisata untuk bermalam di Gunung Kidul yang tidak boleh dilewatkan. Tempat wisata ini adalah Bukit Pengilon, di atas bukit ini Anda bisa melihat keindahan Pantai Siung yang letaknya tidak begitu jauh dari sana. Bagi Anda yang suka berkemah. Bukit Pengilon menawarkan wisata berkemah yang sangat menarik dan buka 24 jam. Untuk kenyamanan lokasi bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan sewa mobil di Jogja untuk menyewa mobil.
Nah, itulah 5 wisata alam di Gunung Kidul yang tidak boleh Anda lewatkan dan harus dimasukkan dalam rencana perjalanan wisata ke Jogja pada akhir liburan Anda. Agar lebih menyenangkan, Anda dapat mengajak teman atau keluarga besar untuk bepergian bersama.