• Hubungi kami, klik

Sosok Penunggu Gunung Merapi, Ini Mitos Menurut Kepercayaan Warga

Sosok penunggu Gunung Merapi yang dipercaya sebagian orang memiliki kekuatan magis. Keberadaan Gunung Merapi yang tepat posisi sentral lekat kaitannya dengan garis imajiner antara Laut Selatan Keraton Yogyakarta. Kemudian berakhir di Gunung Merapi tersebut.

SAVE_20211101_053023.jpg


Mitos dari cerita mistis sudah ada sejak dahulu yang masih lestari hingga kini. Tentu menarik untuk disimak. Hal ini boleh percaya boleh tidak.
Ini Sosok Penunggu Gunung Merapi Menurut Kepercayaan Warga Sekitar
Mitos yang sudah ada tumbuh dan terpelihara dengan adanya kearifan lokal. Balutan budaya warga yang kental memiliki nilai positif hingga masa kini. Kepercayaan ini berawal dari adanya mitos Kerajaan Lelembut merapi menurut nenek moyang terdahulu.

Bahkan terdapat sejumlah pantangan yang benar-benar harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar masyarakat sekitar Gunung Merapi.
Misalkan pantangan untuk menebang pohon, pantangan buang air kecil sembarangan, pantangan berbicara kasar, pantangan merusak alam, atau pantangan memindahkan benda-benda.

Jika dipelajari pantangan tersebut lebih mengarah dengan keselarasan dalam upaya pelestarian lingkungan dan alam.
Selain itu terdapat kepercayaan pada mitos adanya sosok sentral penunggu Kerajaan Merapi. Sosok yang paling populer adalah keberadaan 'Mbah Petruk'.
Kemunculan mbah Petruk ini ditandai dengan suara seperti terompet atau penggambaran suara aktivitas yang terjadi di perut Gunung Merapi. Hal ini sebagai tanda bahaya untuk warga sekitar.

Menurut penelitian UNNES terkait mitologi Gunung Merapi, menjelaskan tentang kearifan lokal dan memahami adanya mitos warga sekitar terdapat sosok-sosok seperti Empu rama dan Empu Permadi yang bertugas mengelola kerajaan lelembut dalam struktur pemerintahannya.
Ada juga sosok penunggu Gunung Merapi Nyai Gadung Melati, sosok yang merawat keasrian alam sekaligus komandan pasukan lelembut Gunung Wutoh.
Eyang Sapu Jagad sebagai penunggu pasar Bubrah di areal kawah Merapi. Sekaligus kunci meletus atau tidak.
Kyai Krincing Wesi dan branjang Kawat menjadi sosok anak buah dari eyang sapu jagad dan membantu mengatur keadaan Merapi.
Sosok Kyai Sapuangin memiliki tugas mengatur kecepatan angin saat gunung meletus. Sehingga berperan pada sebaran abu vulkanik yang mengancam warga.

Ada mitos sosok Eyang Megantara yang mengatur cuaca dan udara gunung. Petunjuk salah satunya hawa panas saat gunung akan meletus. Ada juga Kyai Kartodimedjo bertugas memberi pesan pada warga sekitar agar waspada.
Selain itu dipercaya menjaga ternak milik warga. Bahkan sosok ini memberikan petunjuk pada warga bahwa gunung akan meletus melalui aktivitas para hewan.
Warga sekitar sangat hafal pertanda dan gerak gerik alam saat sinyal dari Kyai Kartodimedjo datang.
Kepercayaan akan sosok lelembut mewarnai pengetahuan utama ilmiah. Kepercayaan warga tersebut masih lestari dan menjadi salah satu sosok penunggu Gunung Merapi yang memberikan tanda adanya bahaya aktivitas gunung.
 
Atas.