• Hubungi kami, klik

Saat Pandemi, Pertashop Dorong Ekonomi Melalui BUM Desa Sleman

8. Saat Pandemi, Pertashop Dorong Ekonomi Melalui BUM Desa Sleman (petrominer.com).jpg

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak adanya pandemi Covid-19 membuat dampak buruk, termasuk penurunan pendapatan. Terutama pendapatan asli desa yang mana pemerintah desa atau kelurahan dapat bertahan serta menjalankan program pembangunan ketika pandemi melanda.

Sementara itu kelurahan Sendangrejo Kapanewon Minggir Sleman yang letaknya di bagian Barat terletak hingga belasan kilo dari pusat kota Yogyakarta. Letaknya ini memang sedikit menjorok ke dalam dan bagian utara berbatasan dengan Banyurejo Tempel.

Bahkan sebagian besar lahan milik desa setempat berupa area persawahan serta tegalan yang membujur ke arah selatan dari utara. Pasalnya, tempat itu adalah salah satu jalur hijau produktif dan sampai kini masih tetap dipertahankan.

Sebagai salah satu kawasan lahan hijau, maka Sendangrejo juga tidak mempunyai kawasan industri yang bisa menyokong pembangunan serta perekonomian desa setempat. Bahkan ketika pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020 lalu, bidang perekonomian pun mulai tersendat.

Hingga pada akhirnya kondisi itu berdampak, terutama pada pendapatan desa di Sendangrejo (PADesa). Walaupun jalanan penghubung dari Sendangrejo menuju desa lain memang bisa dikatakan baik karena telah ditunjang dengan adanya sarana transportasi memadai.

Akan tetapi adanya pandemi Covid-19 ini tentunya berdampak untuk pemasukan bagi desa. Hal yang paling terasa adalah tidak diperpanjangnya kontrak sewa sebuah lahan perkebunan tebu.

Bahkan semenjak adanya PKM diterapkan, maka pemerintah juga sempat menutup sejumlah lokasi wisata guna mencegah penularan virus Corona. Tentunya hal tersebut segala kegiatan terutama di sektor pariwisata Sendangrejo malah yang kena imbasnya.

Ada banyak warga yang sudah kehilangan mata pencaharian mereka. Melihat keadaan itulah, maka menjadi salah satu alasan bagi Pemerintah Kelurahan Sendangrejo untuk mendirikan Pertashop dari Pertamina.

Tentunya tawaran untuk pendirian Pertaship ini telah diputuskan dengan perhitungan yang sangat matang serta perencanaan jelas. Bahkan kemungkinan besar tawaran tersebut tak bisa datang kedua kali.

Sampai akhirnya pemerintah kelurahan Sendangrejo menyiapkan lahan TKD 1000 meter dan berdiri di atas bekas kolam ikan. Sedangkan lokasinya memang strategis sebab terletak di jalur alternatif Jln Magelang ke Kulonprogo.

Selain itu pengajuan pinjaman juga telah mendapat persetujuan dari BKAD dan pendirian Pertashop telah berlanjut. Sampai pada akhirnya Pertashop Sendangrejo mulai beroperasi sejak bulan Mei 2021 lalu.
 
Atas.