• Hubungi kami, klik

Rekomendasi 8 Kuliner Sleman Jogja yang Wajib Kalian Coba

Sleman merupakan salah satu destinasi kota dengan menawarkan berbagai objek wisata yang luar biasa indah. Tidak hanya dari segi wisata saja, Sleman juga menawarkan berbagai kuliner yang unik dan memiliki cita rasa yang tentunya tidak usah diragukan lagi. Oleh karena itu pada artikel ini akan disajikan mengenai kuliner Sleman Jogja yang harus kalian coba!

Rekomendasi 8 Kuliner Sleman Jogja​

Bagi kalian yang berkunjung ke Sleman, maka wajib untuk berwisata kuliner di berbagai tempat di bawah ini!

Soto Sampah​

Soto Sampah Jogja.PNG

Soto merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang mana memiliki ciri khas pengolahan masing – masing di berbagai kota. Sleman menjadi salah satu kota yang memiliki keunikan kuliner dengan nama Soto Sampah. Pasti ketika mendengar nama ini kalian langsung berpikiran aneh bukan?

Soto sampah merupakan soto yang memiliki komponen khas yaitu adanya gajih sapi. Makanan satu ini sudah populer sejak tahun 70-an. Seperti soto pada umumnya di mana jenis soto ini memiliki isian bihun, kol, kecambah dan tentunya ada tambahan gajih sapi. Bagi kalian yang menyukai sate usus, maka akan sangat cocok jika ditambahkan dan dimakan secara bersamaan.

Kalian bisa menemukan soto satu ini di Kecamatan Jetis, tepatnya di Cokrodiningratan. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 15.000 – Rp. 25.000 kalian sudah dapat menikmati soto atau bahkan nasi rames. Akan tetapi kalian harus bersiap untuk mengantri karena warung satu ini memiliki pengunjung yang sangat ramai.

Gudeg Pawon​

Gudeg Pawon Jogja.PNG


Jika mendengar kota Jogja, nama makanan yang terbesit di benak kalian pasti gudeg bukan? Yap! Jogja dan gudeg merupakan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan dan selalu identik bersama. Salah satu rekomendasi tempat makan gudeg yang wajib kalian coba adalah Gudeg Pawon yang terletak di Sleman, Kecamatan Ngemplak, tepatnya di Wedomartani. Hanya dengan harga Rp. 15.000 hingga Rp.30.000 kalian sudah bisa menikmati gudeg legendaris satu ini yang sudah ada sejak tahun 1958.

Bagi kalian yang sangat menyukai cita rasa yang otentik, gudeg pawon ini sangat cocok karena dalam pengolahannya masih menggunakan resep turun menurun dan tentunya belum pernah berubah. Cara pengolahannya pun sangat tradisional dengan menggunakan tungku kayu, sehingga akan menambah cita rasa yang nikmat. Akan tetapi, kalian sangat disarankan untuk datang lebih awal jika tidak ingin mengantri.

Waroeng Raminten​

Warung Raminten Jogja.PNG

Nah ini bisa nih jadi jujukan kuliner ketika kalian berwisata ke Sleman, tidak lain adalah waroeng Raminten. Tempat kuliner enak yang beralamat di Jl. Kaliurang kilometer 15,5 – Kledokan, Ngemplak, Umbulmartani, Kab. Sleman ini selain menyajikan makanan yang enak, juga ada pertunjukan budayanya.

Banyak pelanggan yang memberikan review positif untuk waroeng Raminten ini. Rata-rata mereka memberikan komentar atas pelayanan yang baik, makanan dan minuman yang harganya terjangkau dan rasanya lezat, cocok di lidah orang Indonesia.

Bagi kalian yang ingin menyantap makanan lezat tetapi ramah di kantong, harganya itu berkisar antara 15 hingga 30 ribuan, Waroeng ini merupakan tempat yang cocok. Cocok juga untuk makan bersama keluarga besar.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain tumis kangkung seafood, tumis kangkung, plecing kangkung, ca kangkung, gudangkan, pepes tuna, hingga berbagai macam sambal juga tersedia di sini. Untuk sambal beberapa di antaranya adalah sambal terasi matang, sambal bawang, sambal terong, bahkan hingga sambal pete juga. Wuih pastinya membuat lidah bergoyang.

Warung Kepik Sawah​

Warung Kepik Sawah Jogja.PNG

Bagi kalian yang sedang mencari destinasi kuliner dengan suasana tradisional yang otentik, maka warung kepik sawah adalah solusinya. Warung ini berada di Kecamatan Godean, tepatnya di Jalan Ngapak – Kentheng. Kalian tidak hanya bisa menikmati suasana tradisional saja, akan tetapi juga pemandangan yang cantik sekaligus udara yang asri.

Menu yang ditawarkan sangatlah beragam mulai dari garang asem, gadon, ikan bakar, dan masih banyak yang lainnya. Perabotan yang mayoritas terbuat dari kayu akan semakin menambah suasana hangat bersama dengan keluarga dan pasangan. Jangan lupa untuk mencicipi minuman tradisional yang ada di menu.

Restoran Jejamuran​

Restoran Jejamuran Jogja.PNG

Sesuai dengan namanya yaitu restoran jejamuran, restoran ini menawarkan berbagai olahan menu berbahan dasar jamur. Bagi kalian yang sedang diet daging, maka restoran ini akan sangat cocok. Menu yang ditawarkan sangat beragam mulai dari sate jamur, sup jamur, jamur bakar, tongseng jamur, dan masih banyak yang lainnya.

Walaupun bahan dasar yang digunakan sangat sederhana yaitu jamur, makanan di sini memiliki cita rasa yang nikmat dan unik, sehingga dijamin kalian akan tambah terus. Tidak hanya makanan berat saja yang ditawarkan oleh restoran ini, akan tetapi juga ada camilan seperti keripik jamur tiram, keripik jamur kuping, hingga keripik jamur merang. Berbagai olahan jenis jamur bisa kalian temui di sini.

Apabila kalian berminat untuk datang ke tempat ini, kalian bisa langsung datang ke Kab Sleman, tepatnya di Jalan Pendowharjo, Niron. Suasanya pun sangat nyaman sehingga akan sangat cocok jika berkunjung bersama dengan keluarga.

Pasta Banget Signature​

Pasta Banget Signature Jogja.PNG

Bagi kalian yang sedang mencari destinasi tempat makan yang instagramable, maka pasta banget signature adalah solusinya. Selain menawarkan tempat yang instagramable sekaligus cozy, tempat ini juga menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk ukuran pasta. Harga yang ditawarkan mulai dair Rp.10.000an. Bagaimana? Cukup terjangkau bukan?

Tidak hanya pasta saja, restoran ini juga menawarkan berbagai jenis menu lainnya seperti cream soup, chicken teriyaki, hingga waffel. Bagi kalian yang ingin berkunjung, sangat disarankan untuk datang di malam hari, karena hadirnya lampu kekuningan serta berbagai dekorasi yang ada di dalamnya bisa menambah suasana romantis bersama pasangan. Tempat ini berada di Kecamatan Ngaglik, tepatnya di Jalan Watugede Nomor 2A, Wonorejo.

Kalimik Jogja​

Masih di Kecamatan Ngaglik, tepatnya di Jalan Lempong Sari Nomor 251, Jongkang, ada tempat makan bernama Kalimik Jogja. Kalimik Jogja merupakan tempat makan sekaligus tempat nongkrong dengan menawarkan berbagai menu olahan susu. Kalian bisa mencicipi 29 olahan rasa susu di sini.

Tidak hanya susu saja, kalian juga bisa menikmati menu yang lainnya seperti klapertaart, nasi goreng, beef teriyaki, hingga kalikaya bread. Tempat ini sangat cocok jika dikunjungi bersama dengan kawan – kawan karena menawarkan suasana yang sangat nyaman.

Entok Slenget Tanir​

Destinasi terakhir sebagai destinasi penutup yang wajib kalian kunjungi berada di Kecamatan Turi, tepatnya di Jalan Pakem, Pules Lor. Di sini ada menu entok yang terkenal memiliki rasa yang enak. Walaupun daging entok terkenal akan teksturnya yang alot, namun berbeda dengan restoran ini karena mereka dapat mengolahnya dengan benar, sehingga tekstur yang dihasilkan pun juga lembut.

Sleman Jogja menjadi kota yang menawarkan beragam kuliner khas yang wajib kalian coba. Jika kalian berkunjung ke Sleman, maka wajib untuk mencicipi salah satu menu yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!
 
Atas.