• Hubungi kami, klik

Program Mahasiswa UGM Untuk Warga Lapas, Beternak Ayam Bahagia

5. Program Mahasiswa UGM Untuk Warga Lapas, Beternak Ayam Bahagia (tribunnews jogja).jpg

Program mahasiswa UGM kali ini mengajak para warga lapas untuk beternak ayam. Pendampingan dan pelatihan beternak ayam bahagia ini guna memanfaatkan kandang terbengkalai Kampung Asimilasi.

Mahasiswa UGM selalu memberi inovasi dan membawa dampak ke arah positif untuk warga sekitar. Tidak heran jika berbagai program yang mereka lakukan selalu jadi perhatian.

Seperti kali ini, pembimbingan ini untuk warga binaan lapas. Ketika masa binaan dari hukuman pidana mereka akan dapatkan ilmu dan pengalaman baru.

Program Mahasiswa UGM, Beternak Bahagia Sejak Juni 2021

Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Sleman yang mendapatkan pembinaan kali ini. Berjumlah empat orang mahasiswa yang kali ini memberikan pendampingan.

Tidak hanya itu saja mahasiswa Fakultas Peternakan ini mendapatkan arahan langsung dari Dr. Ir. Chusnul Hanim, Msi, IPM. Mereka beternak ayam jenis petelur dengan Strain Lohman Brown.

Proses beternak ini menggunakan ayam berusia pullet 18 minggu. Lalu ketika berusia 20 minggu mereka akan mulai bisa menghasilkan telur.

Dari segi perawatannya cukup mudah. Sehingga mereka hanya perlu dengan rutin memberikan pakan dan nutrisi dua kali sehari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandangnya tersebut.

Pemanfaatan Kandang Asimilasi Terbengkalai

Dalam program tersebut mereka menggunakan kandang terbengkalai. Sehingga ketika kandang tersebut mengalami kerusakan akan ada perbaikan dan beberapa modifikasi untuk penyesuaian.

Konsep ternak ini menggunakan umbaran dengan prinsip animal welfare atau kesejahteraan hewan. Hal ini akan menekan resiko stress pada hewan tersebut.

Keterampilan dalam pelatihan ini diikuti kapasitas mencapai 225 laki-laki dewasa dalam kasus kejahatan medium. Tidak hanya program ternak ini saja, banyak sekali program seperti dari manufaktur, pertanian dan bahkan jasa.

Pembinaan seperti ini untuk menambah aktivitas warga selama masa hukuman berlangsung. Dengan niat dan modal awal seminim mungkin, namun mendapatkan hasil yang bernilai jual tinggi.

Program mahasiswa UGM ini berikan pengetahuan pada warga binaan dalam terobosan baru. Dari dua mahasiswa Fakultas Peternakan dan dua Mahasiswa dari Ilmu Sosial dan Politik. Dengan harapan dan inovasi yang lebih baik dari sebelumnya.
 
Atas.