• Hubungi kami, klik

PPKM Level 3, Wisata Jogja Dipastikan Tetap Buka Saat Nataru

1. PPKM Level 3, Wisata Jogja Dipastikan Tetap Buka Saat Nataru(jogja.genpi.co).jpg

Masa pemberlakuan mengenai PPKM Level 3 diadakan serentak semua wilayah Nusantara sepanjang libur Natal serta Tahun Baru 2022 (Nataru) mendatang.

Hal tersebut sudah dipastikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta. Akan tetapi, tempat wisata tidak tutup, termasuk objek wisata di Gunungkidul.

PPKM Level 3 Berlaku 24 Desember 2021 Hingga 2 Januari 2021

Kadarmanta Baskara Aji, Sekda DIY menyatakan jika daerah dapat membuat regulasi khusus terkait level 3 ini. Sehingga daerah-daerah memiliki kewenangan berdasarkan kondisinya.

Dengan menerapkan aturan yang ketat, diharapkan tidak terjadi konfirmasi positif. Hal yang menjadi pertimbangan pemerintah adalah permasalahan tersebut.

Pemda DIY akan berupaya melakukan pengaturan mengenai wisatawan yang datang ke wilayahnya saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Menurut Aji, aturan tersebut bukan berarti sebuah larangan bagi orang untuk datang. Melainkan, Pemda memberlakukan adanya pembatasan terhadap wisatawan yang datang.

Hal-hal yang diatur mulai dari durasi dan jumlah kedatangan wisatawan. Sebab, Yogyakarta menjadi sasaran liburan Natal dan Tahun Baru yang populer.

Maka dari itu, kabupaten dan kota hendaknya menerapkan pengaturan-pengaturan terhadap wisatawan yang berdatangan.

Pemda tidak mungkin akan menutup pariwisata, meskipun PPKM Level 3 diberlakukan saat liburan Nataru. Akan tetapi Pemda akan mengatur agar ada pembatasan yang ketat.

Dengan demikian tidak akan terjadi pelanggaran protokol kesehatan dan menimbulkan kerumunan.

Di sisi lain, Sri Sultan HB X Gubernur DIY hingga saat ini belum menerima ketentuan dari pemerintah Pusat mengenai Penerapan Level 3 saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hanya saja sudah ada ketentuan mengenai langkah mengantisipasinya saja.

Kebijakan level 3 dikeluarkan untuk memperketat pergerakan orang-orang, sehingga dapat mencegah lonjakan kasus Covid-19 setelah Nataru berakhir.

Kebijakan ini berlaku dari tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 menunggu instruksi dari Kemendagri yang berkuasa menerbitkannya. Tidak hanya di Jogja saja, namun di seluruh Indonesia akan menerapkan aturan ini.

Perayaan yang dilarang antara lain pesta kembang api, arak-arakan, atau pawai yang menyebabkan kerumunan besar. Sementara itu, untuk ibadah Natal, pusat perbelanjaan, dan kunjungan wisata sesuai dengan aturan PPKM level 3.
 
Atas.