Penting, Ketahui Apa Saja Penyebab Bulu Kelinci Rontok

1675992092242.png

Kelinci memang menjadi salah satu hewan yang banyak disukai untuk peliharaan, terutama anak-anak. Namun ternyata perawatannya tidaklah mudah, salah satunya seperti bulu kelinci yang rontok tiba-tiba. Lalu apa penyebab bulu kelinci rontok dan bagaimana cara mengatasinya?

Bulu kelinci memang seringkali mengalami kerontokan atau dikenal dengan sebutan Alopecia. Adapun penyebab bulu kelinci rontok biasanya dipicu oleh beberapa kemungkinan masalah. Diantaranya seperti kesehatan fisik kelinci hingga memang perilaku dari kelinci tersebut sendiri.

6 penyebab bulu kelinci rontok

Kelinci tergolong menjadi hewan yang lucu dan menggemaskan, tetapi hal tersebut akan sia-sia jika bulunya mengalami kerontokan. Sehingga mengenali penyebab bulu kelinci rontok secara dini tentu menjadi hal yang penting. Berikut ini Media Jogja merangkum 6 penyebab bulu kelinci menjadi rontok:

1. Perilaku
Selain ramah, kelinci juga menjadi hewan yang harus dipelihara bersama dengan kelompok atau pasangan. Namun terkadang seekor kelinci bisa saja menarik bulu kelinci lainnya sebagai bentuk tindakan dominasi. Selain itu adanya perilaku seksual juga dapat memicu kebotakan akibat bulu yang rontok.

2. Mengalami stress
Sama seperti dengan hewan lainnya, kelinci juga bisa mengalami stress. Dan stress menjadi penyebab umum mengapa bulu kelinci bisa rontok. Sebab ketika kelinci stress, biasanya mereka akan mencabuti bulunya sendiri.

3. Sedang hamil
Saat kelinci sedang hamil atau menyusui ternyata juga bisa menyebabkan kerontokan pada bulunya. Beberapa kelinci bisa saja menarik bulunya sendiri saat hamil untuk bersarang. Hal serupa terkadang juga terjadi selama kehamilan palsu.

4. Radang sendi
Kelinci juga bisa saja mengalami radang pada sendi-sendi di tubuhnya. Sama seperti halnya dengan manusia, radang sendi pada kelinci pasti juga menimbulkan rasa sakit. Hal inilah yang akan memicu kelinci menarik bulunya sendiri untuk merawatnya.

5. Kekurangan vitamin dan protein
Penyebab bulu kelinci bisa rontok selanjutnya adalah kurangnya asupan vitamin. Kelinci membutuhkan asupan vitamin dan protein untuk tumbuh kembangnya. pemberian protein yang cukup akan menguatkan bulu kelinci, sehingga tidak akan mudah rontok.

6. Terkena penyakit kulit
Kelinci juga bisa terserang penyakit kulit yang membuat bulunya rontok, biasanya disebut fur mites. Penyebab utama dari penyakit kulit ini adalah tungau atau kutu. Kelinci yang diserang tungau akan membuat bulu rontok hingga kulit bisa terinfeksi.

Cara mengatasi bulu kelinci rontok

Cara mengobati bulu kelinci rontok sebenarnya tergantung dengan apa penyebabnya. Namun terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bulu kelinci agar tidak rontok. Adapun caranya diantaranya sebagai berikut:

1. Menyediakan lingkungan tempat tinggal yang cukup luas serta bisa membuat kelinci merasa aman. Dengan begitu maka kelinci tidak akan mudah stress.

2. Membersihkan kandang kelinci secara rutin agar kelinci selalu merasa nyaman.

3. Selalu menyediakan dan mengganti air bersih yang segar, letakkan pada wadah yang cukup besar untuk kebutuhan sehari penuh.

4. Selalu memberikan makanan pada kelinci dengan teratur

5. Memastikan jika kelinci memiliki pola makan yang sehat

Itulah informasi lengkap terkait dengan penyebab bulu kelinci rontok dan cara mengatasinya. Selain dengan memperhatikan hal-hal diatas, disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan rutin minimal satu tahun sekali. Jika bulu kelinci rontok disertai dengan adanya perubahan perilaku maka segera bawa ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat.​
 
Back
Atas.