Mitos Dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil

Saat ini, memang mitos seputar kehamilan, terutama segala larangan – larangan yang mesti dipatuhi banyak berkemban di masyarakat. Tentu saja, hal ini merupakan salah satu yang perlu untuk anda perhatikan, karena bisa jadi, mitos yang selama ini berkembang, jika dilihat dari sisi medis dan ilmiah, ternyata tidak ada dampaknya bagi bayi anda. Dan malahan, jika mitos ini anda turuti, bisa jadi menyebabkan masalah kesehatan dan dampak yang buruk bagi anda dan janin yang anda kandung.
1715611550363.jpeg

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengetahui secara jelas dan mampu membedakan mana yang hanyalah sebuah mitos, dan mana yang merupakan fakta, dengan kebenaran ilmiah yang teruji. Hal ini menjadi penting untuk diketahui antara mitos dan fakta seputar larangan dan pantangan selama kehamilan, agar nantinya kehamilan yang anda jalani juga tanpa adanya was – was dan kekhawatiran yang berlebih, karena bisa jadi yang anda khawatirkan justru hanyalah mitos, seperti yang akan diulas lebih lanjut lagi, berikut ini, mengenai mitos dan fakta seputar pantangan kehamilan.

Mitos Dan Fakta Pantangan Ibu Hamil

1. Larangan untuk mandi

Ibu hamil dilarang untuk mandi, karena hal ini akan membuat air yang meresap yang merupakan air kotor, akan membuat bayi menjadi terkontaminasi. Hal ini tentu saja merupakan sebuah mitos. Faktanya bahwa bayi terlindung rahim dan tentu saja hal ini menyebabkan kotoran dari luar, tentu saja tidak akan sampai kepada janin yang sedang anda kandung. Anda yang mengandung masi bisa mandi, asalkan dengan menggunakan suhu yang sejuk untuk tubuh anda.

2. Larangan naik pesawat

Ada yang mengatakan bahwa ibu hamil mesti dianjurkan untuk tidak naik pesawat, karena mesin pemindai atau X-Ray yang ada di bandara akan menyebabkan radiasi, dan juga karena ketinggian, yang tidak baik untuk kandungan. Faktanya, mesin X-Ray ini sendiri merupakan salah satu mesin yang memang memancarkan radiasi, akan tetapi radiasinya tentu saja terbilang kecil, dan tidak akan bisa menembus tubuh dan kandungan anda. Hal ini sebagaimana yang telah diungkapkan oleg seorang profesor ahli fetomaternal.

3. Larangan berhubungan intim

Banyak yang menganggap, ketika sedang mengalami kehamilan, justru berhubungan intim bisa membahayakan janin dalam kandungan. Hal ini sebenarnya memiliki fakta bahwa ketika berhubungan intim sekalipun, tidak membahayakan janin dalam kandungan, karena bayi akan terlindung kantong ketuban. Otot rahim dan lendir tebal di mulut rahim, merupakan lapisan yang kuat, sekalipun anda mengalami orgasme, tidak akan berbahaya untuk janin anda. Namun ada baiknya untuk tanyakan terlebih dahulu masalah yang satu ini, jika anda masih khawatir akan kondisi janin anda.

4. Larangan melihat gerhana bulan

Ibu hamil memiliki pantangan untuk melihat gerhana bulan, karena dikhawatirkan akan mendapati bayi yang lagir dengan bibir yang sumbing. Tentu saja hal ini merupakan mitos. Karena faktanya sendiri, bahwa bibir sumbing, merupakan kondisi kelainan genetika, yang tidak ada kaitannya dengan fenomena alam gerhana bulan. Hal ini hanyalah mitos, seperti yang dipercaya pula oleh suku Aztec.

Itulah ulasan mengenai apa saja yang termasuk mitos, dan juga fakta yang bisa anda ketahui mengenai pantangan ibu hamil. Semoga menambah pengetahuan anda. Dan semoga bermanfaat.
 
Back
Atas.