Menikmati Sensasi Liburan Berbeda di Bunker Kaliadem Merapi

yanti

Moderator
Staff Member
#1
Ternyata lokasi bekas bencana pun bisa disulap menjadi kawasan wisata yang menarik. Salah satunya Bunker Kaliadem Merapi. Dulunya kawasan ini merupakan area favorit pendaki dan menjadi daerah tempat almarhum Mbah Maridjan selaku juru kunci gunung berapi aktif ini. Setelah letusan Gunung Merapi 2006 silam kawasan hijau ini berubah menjadi area berpasir dan tersisa puing-puing reruntuhan bangunan di sekitarnya. Dan saat ini area tersebut menjadi lokasi untuk liburan keluarga yang mengesankan.

Bagi yang ingin napak tilas bekas letusan Merapi atau melihat-lihat pemandangan alam yang mengesankan, destinasi satu ini adalah pilihan yang tepat untuk disambangi. Sejumlah fasilitas bisa kita dapati. Salah satunya tour lava yang akan membawa anda menuju perjalanan ke sejumlah area bekas letusan hingga melihat puncak merapi dari jarak yang lebih dekat. Bagi yang penasaran apa saja yang terdapat di kawasan Bunker Kaliadem Merapi, berikut ulasannya.

1.jpg

1. Pesona Kaliadem

Sejauh mata memandang yang terlihat adalah puing-puing diatas hamparan pasir. Kondisi demikian menghadirkan pesona tersendiri sekaligus bersejarah. Kawasan seluas 25 hektar ini menghadirkan pemandangan pegunungan yang indah dengan kawasan berpasir yang unik. Selain pemandangan indah di siang hari, anda juga mesti melihat panorama pada malam hari. Di malam hari, anda bisa melihat bagaimana proses lava meleleh hingga berpijar menuruni kubah. Pemandangan unik ini tentu jarang dijumpai di tempat selain Kaliadem ini.

2. Lava tour yang mengesankan

Adanya Lava Tour merupakan hal yang menambah daya pikat kawasan wisata ini. Lava Tour Kaliadem menghadirkan nilai edukasi bagi pengunjung. Wisatawan akan diajak untuk memahami dampak hebatnya letusan Gunung Merapi. Selain itu dengan mengikuti tour khusus ini kita bisa menikmati indahnya Puncak Merapi hanya dari jarak pandang 2 km. Tentu saja menjadi pengalaman mengesankan liburan sembari belajar dan menikmati panorama alam yang memukau.

2.jpg

3. Fasilitas dan tiket masuk

Bunker Kaliadem menghadirkan fasilitas berupa backdrop foto dan berbagai latar belakang alami untuk selfie. Terdapat pula hutan pinus dan bangunan unik yang cocok untuk berfoto. Tersedia pula warung di berbagai sudut kawasan. Untuk penginapannya sendiri sudah tersedia cukup memadai tak jauh dari kawasan wisata. Bagi yang berminat bersambang ke Bunker Kaliadem, anda hanya perlu membayar tiket sebesar 5.000 rupiah dan 10.000 untuk parkir. Jika berminat Tour Lava maka cukup membayar 350.000 per kelompok untuk rute pendek dan 650.000 per kelompok untuk rute panjang.

4. Lokasi

Bunker Kaliadem berlokasi di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman-Yogyakarta. Jika dari utara pusat kota anda hanya memerlukan perjalanan sejauh 30 km. Atau anda juga bisa melewati Jalan Kaliurang kemudian mengikuti jalan sampai pertigaan Pakem. Dari pertigaan ini ambil arah kanan kemudian ke utara. Dari arah ini anda bisa mengikuti papan petunjuk. Medan yang berkelok memerlukan stamina prima dan fokus agar sampai tujuan tanpa kendala dan selamat

Itu dia ulasan mengenai wisata Bunker Kaliadem yang cocok sebagai destinasi seru untuk liburan yang mengesankan.