Share Menikmati Senja di Wisata Kalibiru Jogja

wong jogja

Moderator
Staff Member
#1
Liburan di kawasan hijau memang mengesankan. Salah satu yang cocok disambangi adalah Kalibiru Jogja. Meskipun bertajuk Kalibiru namun tidak terdapat sungai di kawasan ini. yang terlihat adalah panorama alam hijau yang bisa kita saksikan dari ketinggian. Ditambah lagi indahnya sunset yang menawarkan pemandangan serabut jingga. Dengan demikian panorama alamnya pun terasa makin memukau. Destinasi Kalibiru Jogja ini cocok sebagai referensi liburan mengesankan bersama keluarga dan orang terdekat.

Sensasi merasakan indahnya sunset dan udara yang sejuk mampu menghadirkan pengalaman tersendiri. Seperti tempat wisata kekinian lainnya, Kalibiru memiliki sejumlah spot foto serta gardu selfie yang begitu mengesankan. Dengan adanya wahana permainan yang beragam hingga akomodasi lainnya membuat destinasi satu ini cocok sebagai referensi liburan seru anda. Nah untuk yang penasaran apa saja yang ada di kawasan Kalibiru Jogja, berikut ini ulasan destinasinya untuk anda.

Panorama ketinggian yang memukau

Kalibiru dilengkapi dengan berbagai spot terbaik untuk menikmati pemandangan. Anda bisa duduk di gardu pandang sembari menikmati sunset dengan sinar jingganya. Pemandangan perbukitan serta garis laut pun mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Jika ingin berfoto di gardu pandang, anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah. Selain menikmati pemandangan, anda bisa menjajal serunya bermain flying fox dengan membayar 10.000 rupiah untuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. ada pula wahana jembatan monyet yang menghubungkan satu pohon dengan lainnya.

1.jpg

Trekking yang mengesankan

Kalibiru tak hanya seputar sunset, foto dan bersantai saja. bagi yang memiliki jiwa petualang, anda bisa mencoba fasilitas trekking yang tersedia. Jelajah alam ini memiliki beberapa jenis trek. Ada yang jaraknya hanya 1.5-3 km hingga yang paling jauh sekitar 7 km. Sepanjang pemandangan trekking anda akan disuguhi indahnya Waduk Sermo dan berbagai macam flora. Jika beruntung anda pun bisa melihat langsung elang, ayam hutan, dan berbagai fauna lainnya yang makin mengesankan trekking anda.

2.jpg

Tiket masuk dan fasilitas

Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu sekitar 5.000 rupiah per orang. Anda juga mesti membayar parkir sebesar 5.000 rupiah untuk mobil dan 2.000 rupiah untuk motor. Selain pemandangan memukau, anda juga bisa mendapati fasilitas seperti homestay, pendopo, camping ground, hingga spot untuk kuliner. Ada pula pusat oleh-oleh serta sarana outbond yang makin memantapkan fasilitasnya. Dengan demikian anda bisa liburan tanpa khawatir tersendat sarana akomodasinya.

3.jpg

Lokasi dan rute

Kalibiru berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap-Kulon Progo. Jika dari pusat kota anda mesti menempuh perjalanan sejauh 40 km. Ada dua rute untuk sampai di kawasan wisata. Melalui Rute Sermo anda bisa melewati area Sentolo kemudian ke arah Pengasih. Setelah itu sasar arah Alun-alun Wates menuju kawasan Beji dan Sermo. Dari kawasan ini anda sudah dekat dengan Kalibiru. Rute Clereng bisa anda tempuh untuk perjalanan lebih singkat yakni dari kota menuju Sentolo kemudian arahkan ke Pengasih menuju Clereng.

4.png

Itu dia ulasan mengenai wisata alam Kalibiru yang menjadi destinasi kekinian dan Instagramable di Jogja. Semoga bermanfaat.