Mengetahui Gejala-gejala Masa Pra Kehamilan

1692485939661.jpeg

Pra kehamilan atau awal dari kehamilan merupakan momen yang dinanti-nanti oleh keluarga. Dimana hal ini menunjukkan bahwa kehidupan keluarga menjadi produktif dan keluarga akan segera memiliki momongan, juga penerus dinasti keluarga. Momen ini memang sangat dinantikan sehingga terkadang keluarga, umunya keluarga yang baru menikah, akan harap-harap cemas dibuatnya. Pada umumnya, hal biasa yang menandai awal dari kehamilan adalah berhentinya menstruasi. Padahal belum tentu terhentinya menstruasi menjadi tanda kehamilan. Hal tersebut dapat saja karena dipicu faktor ibu yang terus-menerus memikirkan kahamilan sehingga stress terganggu fungsi hormonalnya sehingga menstruasi menjadi macet, dan sebagainya. Beberapa diantaranya juga ada yang merasakan kehamilan dan melakukan test pada dokter namun hasilnya masih negative, tentu saja hal ini sangat mengecewakan. Maka dari itu tanda-tanda kehamilan perlu menjadi pengetahuan utama bagi keluarga agar keluarga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak perlu dilakukan pada masa kehamilan. Berikut adalah beberapa fakta pra-kehamilan yang umum terjadi.

Beberapa fakta unik mengenai kehamilan terjadi pada sebagian ibu pada Masa Pra Kehamilan. Fakta ini perlu dibaca sebagai suatu kenyataan yang disikapi dengan menerimanya. Bagaimanapaun kondisi pada saat ibu sedang hamil perlu dijaga sebaik mungkin. Makanan, tingkat stress dan perlakuan perlu diperhatikan dengan seksama. Dengan mengetahui gejala dan tanda kehamilan secara dini, diharapkan ibu akan lebih siap menghadapi masa kehamilannya dan menjauhi pantangan-pantangan kehamilan.

Fakta yang pertama adalah membesarnya payudara. Seperti yang diketahui ibu hamil nantinya pasti akan menyusui dimana hormon yang memacu adanya air susu ibu adalah hormon estrogen dan progesterone. Apabila seorang wanita memiliki kecenderungan akan hamil atau rahimnya sudah terisi janin walau usianya semuda apapun, hormone estrogen dan progesterone akan menangkapnya sebagai suatu aktivitas hormonal dan menyalurkannya ke salah satu bagian vital penunjang kehidupan bayi pasca lahir, yaitu air susu ibu melalui payudara ibu. Payudara akan membesar dengan signifikan. Selain itu bagian putting susu akan menghitam dan membesar. Kadang pembuluh vena atau yang berwarna hjau atau biru akan terlihat karena peregangan payudara. Hal ini perlu diperhatikan oleh ibu sebagai tanda awal masa kehamilan.

Fakta kedua adalah munculnya flek atau bercak darah dan mengalami kram pada perut. Bercak darah ini sering disalah artikan sebagai darah akibat proses menstruasi. Padahal sebenarnya bercak darah muncul karena menempelnya embrio bayi ibu pada dinding Rahim ibu. Aktivitas ini akan menyebabkan pendarahan namun pendarahan yang terjadi adalah normal. Maka yang menjadi poin penting adalah ibu harus dapat membedakan darah bercak karena aktivitas ini dank arena menstruasi. Kram yang terjadi pada perut juga disebabkan oleh adanya embrio atau janin yang ada di dalam Rahim. Biasanya kram terjadi pada awal masa kehamilan mulai seminggu hingga tiga minggu lamanya.

Fakta yang ketiga adalah terjadi muntah dan perasaan perut mual pada ibu yang akan hamil. Penyebab dari muntah dan perasaan mual ini adalah aktivitas hormonal yang meningkat dan hormon masuk melalui aliran darah. Hal ini akan menyebabkan perut mual dan apabila sudah tidak kuat biasanya ibu akan muntah-muntah. Hal ini normal dan dialami sebagian besar wanita yang akan hamil. Namun perlu ada penanganan dokter lebih lanjut untuk mengetahui kepastiannya.

Fakta yang keempat adalah frekuensi kencing yang meningkat. Biasanya ketika Rahim sudah mulai terisi oleh janin dan membesar, Rahim akan menekan kebawah, menekan kandung kemih sehingga rasa ingin kencing akan timbul terus. Ada baiknya ibu mengeluarkan saja kencingnya dan tidak menahannya. Selain itu untuk masalah minum dan asupan cairan tidak perlu dikurangi agar tidak sampai terjadi dehidrasi. Biasanya gejala ini akan muncul pada seminggu atau dua minggu keterlambatan menstruasi.

Fakta kelima adalah rasa sakit kepala. Sakit kepala banyak faktor dan penyebabnya. Namun hal yang pasti pada ibu hamil adalah pasokan darah yang mengingkat pada seluruh bagian tubuh. Pergerakan yang tiba-tiba, faktor emosi dan faktor fisik dapat menjadi pemicunya. Untuk mengatasinya adalah penuhi kebutuhan makanan ibu, kemudian istirahat dengan cukup, dan jangan mengonsumsi obat sakit kepala berlebihan.

Fakta keenam adalah rasa mengantuk yang berlebihan dan lelah yang sering menghantui. Kejadian ini adalah sangat normal mengingat saat ini ibu tidak sendirian, namun memilki buah hati di dalam rahimnya. Disini fungsi tubuh bagian dalam ibu akan mengalami peningkatan aktifitas, seperti jantung, hati dan paru-paru. Ada baiknya ibu lebih banyak beristirahat, beraktifitas secukupnya dan segera beristirahat apabila lelah sudah terasa.

Fakta ketujuh adalah sembelit atau susah buang air besar. Susah buang air besar disebabkan oleh aktiftas hormonal. Dimana hormon akan menregangkan Rahim dan juga usus. Usus akan menjadi seperti lebih sempit dan otomatis buang air besar akan menjadi lebih sulit. Keuntungannya adalah nutrisi akan terserap lebih sempurna didalam usus, sehingga nantinya yang keluar dalam kotoran adalah benar benar sisa atau ampas yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Fakta ke delapan adalah naiknya suhu tubuh. Pada beberapa wanita tanda-tanda kehamilannya adalah kenaikan suhu tubuh. Kenaikan suhu tubuh disebabkan oleh meningkatnya aktifitas hormonal. Hal ini wajar dan yang diperlukan adalah mengurangi aktifitas serta memperbanyak istirahat. Demikian adalah beberapa fakta menarik Masa Pra Kehamilan yang secara umum dialami oleh wanita. Tentunya agar lebih pasti akan kehamilan, ibu hendaknya mengecekkan menggunakan teknologi yang ada saat ini pada dokter, agar kehamilan dan tanda tandanya dapat terdeteksi dengan bak.​
 
Back
Atas.