Layanan Samsat Jogja Untuk Masyarakat, Apa Saja?

Samsat atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap merupakan sebuah layanan administrasi kendaraan yang dihadirkan di setiap daerah termasuk Jogja sebagai hasil kerjasama 3 instansi sekaligus yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) untuk masyarakat. Layanan Samsat Jogja beragam.
1720401781658.webp
Bagi Anda yang ingin tahu apa saja layanan yang dihadirkan oleh Samsat Jogja untuk masyarakat, pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasinya. Jadi yuk simak!

Layanan Samsat Jogja Untuk Masyarakat

Sebagaimana Samsat lainnya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, layanan Samsat Jogja sama beragamnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi terkait layanan Samsat Jogja yang meliputi pelayanan administrasi dan layanan kemasyarakatan.

Layanan administrasi Samsat Jogja
Terkait layanan administrasi yang dihadirkan oleh Samsat Jogja, secara garis besar sama dengan layanan administrasi yang dihadirkan di berbagai samsat lain di Indonesia karena fungsi Samsat-nya sama.

Beberapa layanan administrasi Samsat Jogja yang Anda perlu ketahui di antaranya :
  • Samsat Jogja melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB)
  • Melayani pengesahan STNK tahunan
  • Melayani registrasi kendaraan sekaligus pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) 5 tahunan
  • Melayani proses bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) atau kendaraan baru (BBN1)
  • Melayani proses ganti kepemilikan atas kendaraan bermotor (BBN2)
  • Melayani proses mutasi kendaraan bermotor baik mutasi masuk (dari luar ke Jogja) atau mutasi keluar (dari Jogja keluar).
  • Memberikan pelayanan administrasi atas pencetakan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak (TBPKP) atau bukti pembayaran PKB setelah pembayaran dilakukan di samsat keliling, e-Samsat atau lainnya yang terintegrasi dengan kantor induk Samsat setempat.
  • Melayani pencetakan STNK duplikat karena STNK yang lama hilang sesuai dengan syarat, ketentuan, dan dilengkapi bukti yang berlaku.
1720401800264.webp

Layanan kemasyarakatan Samsat Jogja

Layanan kemasyarakatan merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Samsat untuk mendukung kemudahan masyarakat dalam membayar pajak. Keberadaan layanan kemasyarakatan ini diharapkan dapat membuat wajib pajak lebih patuh membayar pajak dan dapat membayar pajak tepat waktu tanpa terlalu banyak alasan karena semua prosesnya mudah.

Ada beberapa layanan kemasyarakatan yang masing – masing Samsat pasti hadirkan tak terkecuali dengan layanan Samsat Jogja, di antaranya :

1. Samsat induk Jogja
Samsat induk merupakan Samsat utama atau Samsat pusat yang menjadi pionir Samsat di suatu daerah, melayani berbagai macam kebutuhan administrasi perpajakan dan administrasi kendaraan masyarakat tanpa terkecuali dan sekaligus membawahi Samsat – Samsat yang membuka pelayanan diluar Samsat Induk seperti misalkan samsat keliling atau samling, samsat corner, dan lainnya.

Adapun alamat Samsat induk Jogja adalah di Jl. Tentara Pelajar No.13, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Samsat buka sejak pukul 08.00 – 15.00 WIB, hari Minggu tutup, dan hari Jumat serta Sabtu buka pukul 08.00 – 11.00 WIB.

2. Samsat drive thru
Apa itu Samsat drive thru? Samsat drive thru merupakan sebuah program layanan kemasyarakatan dari Samsat untuk masyarakat yang meniru konsep drive thru pada resto atau makanan cepat saji.

Jadi, masyarakat yang membayar pajak secara drive thru tidak perlu memarkirkan motor atau kendaraannya melainkan membawa motor atau kendaraannya tersebut ke tempat pembayaran pajak. Setelah proses pembayaran pajak selesai, wajib pajak akan segera pergi meninggalkan tempat pembayaran pajak sekaligus membawa motor atau kendaraan tersebut.

Akan tetapi layanan kemasyarakatan berupa Samsat drive thru hanya melayani pembayaran pajak tahunan, sementara pembayaran pajak 5 tahunan harus dilakukan langsung di kantor induk Samsat sesuai prosedur tanpa ada layanan drive thru karena prosesnya yang cukup panjang.

3. Go-Jak
Apa itu Go-Jak? Go-Jak merupakan layanan Samsat Jogja yang dihadirkan untuk masyarakat yang merasa jauh dari lokasi kantor induk Samsat. Jadi, Go-Jak adalah layanan pemungutan pajak keliling dari Samsat menggunakan mobil.

Bisa dibilang, Go-Jak merupakan layanan jemput bola yang dilakukan Samsat demi membantu masyarakat agar lebih mudah membayar pajak dan tidak perlu datang ke kantor induk Samsat secara langsung. Namun sebagai informasi, Go-Jak hanya melayani pembayaran pajak tahunan saja.

Beberapa titik Go-Jak yang disediakan sebagai layanan Samsat Jogja untuk masyarakat di antaranya :
  • Hari Senin, Go-Jak bertempat di Kelurahan Kricak
  • Hari Selasa, Go-Jak bertempat di Kelurahan Brontokusuman (minggu 1 dan 2), Kelurahan Sorosutan (minggu 3, 4, 5).
  • Hari Rabu, Go-Jak bertempat di Kelurahan Patangpuluhan (minggu 1 dan 2), Kelurahan Rejowinangun (minggu 3, 4, 5).
  • Hari Kamis, Go-Jak bertempat di Gerbang Kepatihan pintu timur
  • Hari Jumat, Go-Jak bertempat di Kemenkumham (sebelah utara).
Note : tempat tersebut bisa berubah sewaktu – waktu sesuai dengan arahan Samsat Jogja. Informasi lebih jelasnya bisa cek di akun resmi Samsat Jogja yakni @samsatjogjakarta.

4. Go-Door Pakmo
Go-Door Pakmo sama seperti Go-Jak merupakan layanan jemput bola yang dilakukan tim dan petugas Samsat Jogja. Hanya saja bedanya, kalau Go-Jak mangkal di titik – titik tertentu yang sudah ditentukan, kalau Go-Door akan datang dari rumah ke rumah pada wilayah yang sudah ditetapkan. Petugas Samsat akan mendatangi rumah – rumah wajib pajak pakai motor.

5. Samsat online
Sudah waktunya bayar pajak tapi malas keluar rumah? Jika iya, kalian bisa menggunakan Samsat online. Samsat online ini merupakan layanan pembayaran pajak secara online untuk masyarakat Jogja dari Samsat Jogja.

Pembayaran pajak bisa dilakukan via E-Post, aplikasi Signal, atau bisa juga di berbagai marketplace yang terintegrasi dengan layanan Samsat Jogja seperti misalnya Tokopedia. Setelah pembayaran pajak dilakukan lewat Samsat online, pengesahan surat perpajakannya nanti dilakukan di Samsat induk, samsat keliling atau Samsat Go-Jak dengan membawa bukti pembayaran pajak.

Pentingnya Membayar Pajak Bagi Masyarakat Khususnya Warga Jogja

Membayar pajak tepat waktu sangat penting dilakukan masyarakat karena pajak merupakan salah satu penghasilan utama negara yang dipergunakan untuk membiayai berbagai kegiatan negara, termasuk membangun sarana prasarana di negara kita, membiayai anggaran kesehatan, membiayai anggaran pendidikan, membiayai gaji ASN, dan sebagainya.

Dengan membayar pajak tepat waktu, artinya bahwa seorang warga negara sudah melakukan kewajibannya sebagai rakyat dan sekaligus menjadi tanda bahwa warga negara tersebut berbakti dan patuh terhadap negaranya.

Membayar pajak tepat waktu juga termasuk salah satu tindakan bela negara yang harus dimiliki setiap warga negara yang baik. Karena itu, jika kalian cinta dengan Indonesia dan ingin agar negara kita maju, bayarlah pajak tepat pada waktunya. Termasuk pajak kendaraan bermotor yang kalian punya juga harus dicek pajaknya dan dibayar tepat waktu ya.

Namun, jika warga negara sudah melakukan kewajiban perpajakannya secara maksimal, pejabat negara juga harus ingat tugasnya. Gunakan dan kelola pajak dari keringat rakyat semaksimal mungkin, jangan sampai dikorupsi ya.

Tentu melalui kerja sama yang baik antara rakyat dengan penyelenggara negara, bukan tidak mungkin negara Indonesia akan berkembang pesat dan menjadi negara maju.
 
Back
Atas.