Latihan Olahraga Setelah Melahirkan

1686562612900.jpeg

Kegiatan olahraga paska melahirkan dapat meningkatkan kebugaran, mengembalikan kekuatan otot dan sekaligus juga memperbaiki suasana hati. Memulai Latihan Olahraga Setelah Melahirkan akan memberi manfaat yang baik, tapi jangan berlebihan untuk beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Tubuh anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan dan anda juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan kehadiran buah hati anda.

Jika anda melahirkan secara normal melalui vagina maka anda dapat mulai melakukan latihan olahraga ringan dalam beberapa hari setelah melahirkan. Mulailah perlahan dengan latihan aerobik ringan seperti berjalan. Perut ibu hamil mengembang selama kehamilan dan dibutuhkan setidaknya empat sampai delapan minggu setelah melahirkan untuk kembali normal. Jika anda melakukan latihan otot perut dengan keras maka akan berisiko melukai otot-otot perut. Mintalah kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik. Jika dokter anda mengatakan aman maka anda dapat dengan perlahan mulai memperkuat otot perut anda.

Jika anda melahirkan melalui operasi maka lakukan konsultasi dengan dokter tentang kapan waktu yang tepat untuk memulai latihan olahraga. Luka bekas operasi membutuhkan waktu setidaknya beberapa minggu untuk kering.
Efek latihan olahraga pada volume dan komposisi ASI

Latihan Olahraga Setelah Melahirkan tidak memiliki efek buruk pada jumlah keluarnya ASI ataupun komposisinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik intensitas tinggi bisa menyebabkan asam laktat terakumulasi dalam ASI dan menghasilkan rasa asam. Anda dapat mencegah masalah ini dengan cara minum banyak cairan selama dan setelah melakuakn aktifitas latihan fisik.
Menurunkan berat badan setelah kehamilan

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan adalah dengan melakukan latihan aerobik. Cobalah jalan cepat, berlari, berenang atau bersepeda. Tapi tunggulah setidaknya beberapa bulan sebelum aktif berusaha untuk langsing. Memulai program pelangsingan yang terlalu cepat setelah melahirkan dapat mempengaruhi suasana hati, tingkat energi serta suplai ASI.

Terlalu banyak aktivitas olahraga selama beberapa minggu pertama setelah melahirkan dapat menyebabkan keputihan. Ini adalah salah satu sinyal untuk memperlambat aktifitas fisik anda terlebih dahulu. Hubungi dokter jika terjadi pendarahan atau jika anda mengalami sakit ketika berolahraga. Tubuh anda seharusnya menjadi bugar setelah olahraga. Jika yang anda rasakan kelelahan maka sebaiknya anda mengurangi latihan fisik anda. Ikuti tips aman dibawah ini untuk memulai latihan fisik setelah melahirkan :

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan.

2. Mulailah secara perlahan dan mulai tingkatkan secara pelan-pelan dan bertahap.

3. Minum banyak cairan.

4. Hindari kelelahan yang berlebihan.

5. Berhenti berolahraga jika anda merasa sakit.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Latihan Olahraga Setelah Melahirkan. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita khususnya bagi para Ibu-ibu paska melahirkan. Semoga bermanfaat, terimakasih.​
 
Back
Atas.