Ketahui Berbagai Julukan Kota Yogyakarta, Apa Saja ?

3. Ketahui Berbagai Julukan Kota Yogyakarta, Apa Saja (id.quora.com).jpg

Julukan Kota Yogyakarta memang berbagai macam. Dengan keistimewaan yang dimilikinya menjadikan Yogyakarta diminati banyak wisatawan. Julukan yang paling terkenal yakni sebagai kota pelajar, namun kota ini sebenarnya memiliki julukan cukup banyak.

Inilah Julukan Kota Yogyakarta yang Perlu Anda Ketahui

Julukan kota yang istimewa ini sudah terkenal di Indonesia. Untuk itu ketahui beberapa julukan yang melekat dengan kota istimewa berikut ini.

Kota Wisata

Menjadi daerah tujuan wisata, Yogyakarta tentu menyediakan banyak pilihan. Mulai dengan wisata belanja, sejarah, hingga wisata alam. Tidak hanya daerah kota, namun daerah pinggirnya juga tersedia lokasi wisata. Bahkan dengan adanya angkringan sederhana turut menjadi daya tariknya.

Seni dan Budaya

Kota Yogyakarta juga dikenal sebagai julukan kota seni dan budaya. Bahkan hingga saat ini masih dilestarikan dan menjadi pilihan destinasi yang diminati oleh wisatawan. Banyaknya tradisi budaya yang hingga kini masih terus berjalan. Tradisi seperti Tumplak Wajik, Sekaten, Saparan, dan masih banyak lainnya. Yogyakarta juga memiliki banyak seniman muda yang berprestasi dan pastinya mengharumkan nama bangsa ini.

Kota Pelajar

Sebagaimana yang disinggung tadi, Kota Yogyakarta memiliki julukan sebagai kota pelajar. Hal ini tampak dari banyaknya kampus dan menghasilkan ratusan ribu sarjana setiap tahun. Banyak pelajar SMA seluruh Indonesia menginginkan kuliah di kota ini. Terutama dengan adanya enam perguruan tinggi negeri yang dapat dipilih. Apabila tidak diterima di perguruan tinggi negeri, maka dapat mencoba di perguruan tinggi swasta yang tersedia.

Kota Perjuangan

Kejadian di Kota Yogyakarta yang pernah dicatat oleh sejarah yaitu Serangan Umum Satu Maret tahun 1949. Saat itu Indonesia sudah merdeka, namun Belanda masih berusaha merebutnya kembali. Hal itu dengan menguasai lewat agresi militer yang dilakukannya. Rakyat Jogja berusaha mati-matian untuk dapat mempertahankan kotanya. Pada akhirnya dapat merebutnya kembali, untuk mengenangnya Jogja memperoleh julukan sebagai kota Perjuangan.

Daerah Istimewa Yogyakarta

Julukan yang sudah sering terdengar untuk kota ini yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta. Keistimewaannya yang diakui oleh undang-undang. Hal itu karena peran Yogyakarta pada masa kemerdekaan Indonesia. Kraton Yogyakarta berperan besar terhadap berdirinya Indonesia saat zaman perjuangan kemerdekaan.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Hingga saat ini Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat masih mempertahankan sistem kesultanan. Sehingga wisatawan banyak berkunjung untuk melihat dan belajar. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memang memiliki daya tariknya tersendiri.

Berbagai julukan Kota Yogyakarta tersebut perlu untuk Anda ketahui. Meski selama ini banyak yang mengenalnya sebagai kota pelajar, namun kota ini masih memiliki banyak julukan lainnya.
 
Atas.