• Hubungi kami, klik

Inilah Jurus Sukses Budidaya Burung Puyuh

Inilah Jurus Sukses Budidaya Burung Puyuh.png

Burung puyuh memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya telur dan daging burung puyuh yang mengandung nitrogen, protein dan lemak yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Puyuh adalah jenis burung yang relatif kecil dengan kaki pendek dan tidak bisa terbang tinggi. Habitat aslinya adalah burung puyuh di hutan, karena termasuk dalam ras burung liar. Mengingat burung puyuh memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, maka masyarakat mulai membudidayakan burung puyuh.

Peternakan puyuh dapat menghasilkan pundi-pundi dengan omzet yang tinggi dari produksi telur puyuh dan daging yang dijualnya. Kotoran puyuh dapat digunakan sebagai pupuk organik. Bulunya bisa dijadikan berbagai kerajinan tangan. Peternakan puyuh banyak terdapat di Sumatera dan Jawa, baik Jawa Tengah, Jawa Barat maupun Jawa Timur.

Sebelum melakukan budidaya burung puyuh, ada beberapa syarat untuk memilih lokasi budidaya burung puyuh yang tepat, yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Lokasi jauh dari kebisingan/keramaian atau jauh dari pemukiman masyarakat.
2. Lokasi harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
3. Lokasi bukan merupakan daerah yang rawan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir.
4. Lokasi yang bebas dari predator dan penyakit.
5. Pemilihan lokasi juga harus strategis mudah dijangkau oleh transportasi/kendaraan, sehinggabudaya memudahkan proses pendistribusian produk budaya.

Setelah memilih lokasi yang tepat untuk budidaya puyuh, langkah selanjutnya adalah menyiapkan fasilitas kandang untuk puyuh. Kandang ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat tinggal burung puyuh. Dalam menyiapkan kandang juga harus diperhatikan agar puyuh tidak mudah stress.​

1. Kandang
Dalam membuat kandang perlu memperhatikan suhu di dalam kandang. Untuk suhu kandang yang ideal yaitu dengan suhu sekitar 20-25 derajat Celcius. Terkadang juga diberikan penerangan pada siang hari dengan penerangan lampu sekitar 25-40 Watt, sedangkan pada malam hari daya penerangan sekitar 40-60 Watt, hal ini ditujukan pada musim hujan/cuaca mendung agar suhu di dalam kandang tetap terjaga. stabil. Dalam membuat sangkar, tata letak harus diatur, agar sinar matahari dapat menyinari sangkar dan sangkar disesuaikan dengan kapasitasnya. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat minum, tempat makan dan tempat bertelur.​

2. Mempersiapkan bіbіt
Dalam memilih breed perlu diperhatikan selain memilih breed yang baik dan unggul juga harus sesuai dengan tujuan pemeliharaan, karena dalam budidaya puyuh terdapat 3 macam tujuan breeding/budidaya puyuh, diantaranya puyuh dan telur puyuh Peternak/induk reproduktif, menetaskan telur, yang nantinya telur dari puyuh hasil penangkaran akan ditetaskan sehingga menghasilkan anakan puyuh yang berkualitas.​

3. Cara beternak burung puyuh
Dalam memelihara burung puyuh, hal-hal berikut harus diperhatikan;

- Pemberian vaksin dilakukan sesedikit mungkin dengan tujuan untuk mencegah timbulnya penyakit. Kebersihan kandang juga harus dijaga dengan baik.
- Melakukan pengendalian penyakit yang bertujuan agar burung puyuh tidak mudah sakit, jika pada burung puyuh terdapat tanda-tanda tidak enak badan dapat segera menghubunginya dengan pengobatan yang tepat dengan petunjuk dari dokter hewan. Pengendalian penyakit ini dilakukan setiap hari.
- Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari untuk anak ayam puyuh yang diberikan pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan untuk puyuh dewasa dilakukan 1 kali sehari pada pagi hari, untuk minum dilakukan setiap waktu/terus menerus. Pakan puyuh sendiri terdiri dari pelet dan voer.​

4. Panen
Dari beternak puyuh petelur, hasil utamanya adalah telur yang banyak mengandung nutrisi berupa protein. Puyuh petelur dapat menghasilkan telur setiap hari, hasil telur disesuaikan dengan jumlah puyuh yang dibudidayakan. Selain menghasilkan telur, juga menghasilkan daging afkran. Kotoran puyuh dapat digunakan sebagai pupuk.

Itulah pembahasan tentang keberhasilan budidaya burung puyuh. Semoga bermanfaat.​
 
Atas.