Saat ini ada semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis karena mereka termotivasi dengan berbagai macam keunggulan yang bisa diperoleh apabila menjadi seorang pebisnis. Namun Anda juga perlu mengetahui bahwa akan ada berbagai macam tantangan yang harus Anda hadapi pada saat menjalankan sebuah bisnis sehingga tentu saja Anda harus memiliki mental yang tidak mudah menyerah dan juga motivasi yang kuat untuk bisa terus maju dalam menjalankan bisnis.
Sebagai seorang pebisnis, tentu saja Anda harus selalu siap untuk menghadapi berbagai macam hal yang tidak Anda inginkan, salah satunya adalah keluhan dari para pelanggan atau konsumen. Sebagian pebisnis ternyata tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk menghadapi keluhan yang disampaikan oleh konsumen sehingga membuat mereka akan cenderung untuk mengacuhkan atau malah marah ketika menghadapi keluhan. Apabila Anda penasaran, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa cara ampuh untuk menghadapi keluhan dari konsumen.
Inilah Cara Ampuh Untuk Menghadapi Keluhan Pelanggan/Konsumen
1. Segera Meminta Maaf
Pada saat ada pelanggan atau konsumen yang menyampaikan keluhannya kepada Anda maka hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah meminta maaf. Sebagian pebisnis akan merasa enggan untuk meminta maaf, padahal Anda harus bisa menghilangkan rasa gengsi dan juga egois untuk bisa segera meminta maaf secara tulus kepada konsumen yang menyampaikan keluhan.
2. Dengarkan Keluhan
Ada sebagian pebisnis yang tidak mau mendengarkan keluhan dan mengacuhkan konsumennya, padahal hal tersebut merupakan suatu kesalahan yang sangat besar. Sebagai seorang pebisnis yang baik, tentu saja Anda harus mau mendengarkan keluhan yang disampaikan oleh para konsumen sehingga akan membuat konsumen merasa dihargai dan juga tidak mencoreng nama Anda.
3. Lakukan Penggantian Produk
Apabila ada seorang konsumen yang mengeluh kepada Anda mengenai kualitas produk yang jelek ataupun produk yang rusak, maka alangkah baiknya apabila Anda segera melakukan penggantian produk. Hal ini mungkin akan membuat Anda mengalami kerugian, namun dengan melakukan penggantian produk maka reputasi bisnis Anda tidak akan tercoreng di mata konsumen.
4. Berikan Bonus
Apabila terjadi suatu kondisi di mana tidak memungkinkan dilakukannya penggantian produk seperti misalnya tidak ada produk yang sama persis, maka Anda bisa memberikan bonus kepada pelanggan. Pemberian bonus ini dilakukan sebagai sebuah kompensasi bagi pelanggan atas ketidaknyamanan yang mereka alami, Anda bisa memberikan berbagai macam bonus kepada konsumen.
5. Meminta Agar Tidak Memberikan Testimoni Negatif
Hal kelima yang juga harus Anda lakukan apabila ada seorang pelanggan atau konsumen yang menyampaikan keluhan atas ketidaknyamanan yang telah mereka alami, maka alangkah baiknya apabila Anda meminta kepada konsumen tersebut untuk tidak memberikan testimoni yang negatif. Tentu saja Anda harus memintanya dengan cara yang sangat halus agar konsumen tidak merasa tersinggung.
Apabila Anda sering menerima keluhan dari konsumen, maka Anda bisa melakukan beberapa cara yang telah diulas di atas untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.