• Hubungi kami, klik

Ingin Wisata Sejarah dan Edukasi, 5 Kampung Wisata Jogja Ini Solusinya!

13. Ingin Wisata Sejarah dan Edukasi, 5 Kampung Wisata Jogja ini Solusinya! (instagram.com).jpg

Kota Yogyakarta yang identik dengan kota pelajar selalu menyuguhkan sesuatu khas dan jarang kita temukan di kota lainnya. Terdapat beragam kampung wisata yang menyajikan suasana istimewa, asyik, sederhana, dan disertai keramah-tamahan. 5 kampung wisata Jogja ini bisa menjadi rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi ketika bertandang ke Jogja.

Apa Saja 5 Kampung Wisata Jogja yang Menarik Untuk Dikunjungi?​

Melalui kampung-kampung wisata yang terdapat di Jogja, pengunjung dapat mempelajari banyak hal, diantaranya mengenal lebih jauh tentang kebudayaan Jawa, menciptakan kerajinan, serta dapat memanjakan diri dengan menonton berbagai pertunjukan atraksi seni budaya asli Yogyakarta.

Apabila sedang jalan-jalan ke Jogja, tidak ada salahnya mencoba untuk mampir ke kampung-kampung wisata yang tersedia di kota ini.

Kampung Wisata Prenggan​

Kampung wisata yang berlokasi di Kotagede ini menyajikan bangunan rumah-rumah tradisional dengan desain yang dirancang khas Jawa-Belanda. Beberapa diantara bangunannya juga sudah ditunjuk sebagai cagar budaya. Tempat ini cocok untuk berselfie dan membuat video dikarenakan corak bangunannya yang bergaya Jawa-Belanda.

Kampung Wisata Purbayan​

Kampung wisata ini dapat dijangkau dengan melewati Pasar Legi Kotagede. Kampung Wisata Purbayan mempunyai beberapa situs bangunan bersejarah serta budaya yang menunjukkan rancangan khas Jawa. Selain itu susunan kampung yang alami dan bersahabat kepada para wisatawan.

Kampung Wisata Rejowinangun​

5 kampung wisata Jogja selanjutnya adalah Kampung Wisata Rejowinangun. Kampung wisata ini berjarak 3 kilometer dari Malioboro. Wisatawan yang datang bisa mempelajari banyak hal, seperti melukis, membuat kerajinan blangkon, membuat kerajinan batik, membuat kerajinan kulit, hingga melihat proses pembuatan kerajinan sampah organik.

Kampung Wisata Dewa Broto​

Kampung wisata ini terletak di daerah bantaran DAS Code bagian selatan dan mempunyai basis sosial ecotourism. Beberapa wisata yang ditawarkan kampung wisata ini antara lain, mengunjungi Museum Perjuangan, ziarah ke makam Kyai Ahmad Dahlan, rafting sungai, dan menjelajahi kawasan Prawirotaman.

Kampung Wisata Tamansari​

Pesanggrahan Tamansari Kota Jogja yang lokasinya dekat dengan Keraton Yogyakarta, membuat kawasan wisata ini terkenal dengan nama Water Castle. Kampung Wisata Tamansari menyuguhkan banyak seni budaya, heritage, lingkungan yang masih natural, teknologi informasi serta kesantunan masyarakat sekitar.

Mengunjungi Jogja untuk berlibur merupakan opsi yang tepat. Anda dapat memilih destinasi wisata dari 5 kampung wisata Jogja di atas. Selama pandemi ini, pengunjung wajib menjaga dan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh Pemerintah.
 
Atas.