• Hubungi kami, klik

Indonesia Fashion Art Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Siswa

SAVE_20211112_054558.jpg

Indonesia Fashion Art (IFA) Yogyakarta baru-baru ini menggelar workshop pengolahan kain. Kegiatan tersebut digelar di salah satu sekolah di Gunungkidul yaitu SMK YPKK Tepus, Rabu (10/11/2021). Workshop pengolahan kain ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi siswa kejuruan.

Tentunya membekali siswa dengan teknik shibori dan teknik spring botanical ecoprint. Hal ini juga menjadi bentuk kepedulian IFA terhadap dunia pendidikan. Terutama dalam memberikan dukungan peningkatan kompetensi siswa kejuruan.

Indonesia Fashion Art Gelar Workshop Pengolahan Kain

Teknik pengolahan kain yang diberikan yaitu teknik shibori dan teknik spring botanical ecoprint. Untuk teknik shibori ini pewarnaan kain yang menggunakan ikatan dan celupan dengan alat. Bahan yang digunakannya berupa kain katun polos, remasol, water glass, dan papan. Selain itu membutuhkan ember, karet atau tali, air panas, serta air dingin.

Berbeda dengan teknik spring botanical ecoprint, teknik yang satu ini memberi pola pada kain. Namun menggunakan bahan alami atau tumbuhan yang menghasilkan pigmen warnanya. Untuk bahan yang digunakan berupa kain katun polos, larutan scouring, larutan pre mordant, dan larutan mordan int.

Harapannya para siswa memahami cara dan proses untuk menghasilkan motif kain. Sehingga nantinya akan menjadi bekal untuk para siswa setelah lulus nanti. Kepala SMK YPKK Tepus, Sukiter turut mengapresiasi mengenai kehadiran IFA. Kehadirannya yang dapat membantu meningkatkan kompetensi siswa.

Kegiatan ini menjadi sangat bermanfaat bagi sekolah, tentunya sesuai dengan program link and match sekolah kejuruan. Untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa ini, dukungan tentu menjadi sangat berarti.

Menurut pengakuan salah satu siswa, Intan Selfia Siswa kelas XI Tata Busana. Intan Selfia mengatakan bahwa workshop ini terasa sangat menyenangkan. Untuk menghasilkan motif kain dengan teknik shibori serta teknik spring botanical ecoprint. Kegiatan tersebut merupakan hal baru baginya, bahkan hasil motifnya tampak sangat indah.

Pada kesempatan tersebut, bersamaan dengan penandatangan kerja sama antara SMK YPKK Tepus dengan IFA. Tentunya untuk dapat meningkatkan mutu lulusan SMK YPKK Tepus. Kegiatan yang digelar Indonesia Fashion Art ini menjadi sangat berarti bagi sekolah serta para siswa.
 
Atas.