Hari Batik Nasional

ayudhewe

Warga Baru
#1
Peringati Hari Batik Nasional, Siswa SMP Negeri 1 Bantul Gelar Fashion Show Batik di Jalanan

BANTUL - Para pelajar SMP Negeri 1 Bantul menggelar fashion show Batik di jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di simpang empat Klodran, Bantul, Selasa (02/10/2018).
Puluhan siswa ini mengenakan pakaian batik dan berjalan lenggak-lenggok layaknya seorang model.
Iringan angklung dan musik tradisional kendang menambah suasana mirip pertunjukan model dan artis kenamaan.

Batik yang dipakai puluhan pelajar ini bukan hasil rancangan desainer kondang, melainkan hasil dari kreasi mereka sendiri yang dibantu oleh guru pembimbing dalam mata pelajaran Prakarya.

Guru Prakarya Batik SMPN 1 Bantul, Nur Budiyanto, mengatakan digelarnya fashion show batik jalanan ini sebagai upaya dari SMP Negeri 1 Bantul untuk mengangkat kembali Batik sebagai warisan kebudayaan adiluhung bangsa yang tetap harus dilestarikan.

"Kami ingin mengenalkan dan menanamkan kecintaan bahwa generasi muda tetap peduli dengan batik," kata Nur Budiyanto saat ditemui tribunjogja.com di lokasi.
Ia berpendapat, batik sangat penting dikenalkan kepada generasi muda.

Mengingat batik merupakan warisan kebudayaan bangsa yang sudah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya asli dari Indonesia.
Sehingga menurutnya, generasi muda bangsa memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikannya.

Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian batik, menurut Nur Budiyanto adalah dengan cara mengenalkan batik melalui mata pelajaran yang ada di sekolah-sekolah.
Selain menumbuhkan kecintaan kepada anak-anak muda pada Batik, tujuan utama dari digelarnya Fashion Show Batik di jalanan, diungkapkan Nur Budiyanto untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa hari ini adalah hari batik nasional.
Menurut dia, melestarikan batik sangat penting dilakukan oleh generasi muda.

Jangan sampai batik sebagai warisan budaya leluhur bangsa diklaim oleh negara lain.

"Kalau bukan kita lantas siapa yang akan melestarikan," tuturnya.
 
#2
setuju! warisan leluhur harus dilestarikan.jgn cm pakai batik aja tp jg ngerti cara buatte,jgn cm mesin leng iso gawe batik.Budayakan membatik lan nganggo batik.setuju ra??