Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

  • Pembuat thread awal. Pembuat thread awal. Jogja
  • Mulai tanggal Mulai tanggal
Mencari tahu secara pasti mengenai gejala kehamilan usia 1 minggu memang penting dilakukan. Namun pada kenyataanya tidak mudah memastikan wanita benar-benar hamil dan terbilang sulit saat mengenali kehamilan 1 minggu. Secara medis petanda hamil pada minggu pertama mesti ditentukan sejak hari terakhir wanita mengalami menstruasi dan bukan setelah 1 minggu setelah pembuahan.
1720103345944.webp
Nah, untuk mempermudah pengecekan apakah seorang wanita hamil atau tidak, rupanya tak bisa berdasarkan pada satu atau dua gejala saja. Pada umumnya wanita yang sedang hamil muda seringkali merasa mual dan keterlambatan datang bulan. Tetapi belum tentu hal tersebut termasuk tanda kehamilan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan menarik mengenai gejala atau tanda awal kehamilan masa 1 minggu yang perlu diketahui betul.

Kenali Gejala Awal pada Masa Kehamilan 1 Minggu

1.Terlambat Haid

Ketika sel telur sudah dibuahi maka tidak akan ada lagi darah atau menstruasi yang keluar dari vagina, sehingga ovarium tidak akan memproduksi sel telur baru selama masa kehamilan. Maka dari itu, tanda atau ciri yang paling umum sata mengenali gejala seorang wanita tengah hamil muda adalah keterlambatnya haid. Namun hal ini perlu didukung oleh beberapa fakta lain seperti rasa mual atau muntah yang dialami setiap pagi hari.

2. Mual dan Muntah

Tanda-tanda kehamilan 1 minggu terkadang membuat sebagian wanita sering merasa mual hingga muntah. Bahkan tidak jarang wanita tersebut mengalaminya sepanjang hari, meskipun pada umumnya akan terjadi pada pagi hari saja atau biasa disebut dengan istilah morning sickness. Perhatikan jika anda merasakan mual dan muntah di pagi hari, bisa jadi hal ini menjadi petanda kehamilan 1 minggu setelah mengalami hubungan seksual.

3. Muncul Bercak Darah

Apabila dilihat secara fisik, beberapa ciri gejala hamil minggu pertawa wanita akan mengalami pendarahan atau munculnya bercak darah atau dalam dunia medis disebut implantation bleeding. Akibat adanya pendarahan ringan biasanya disebabkan oleh proses implantasi calon janin ke dinding rahim wanita, sehingga terkadang akan muncul bercak darah atau pendarahan.

4. Perubahan Payudara

Perubahan payudara pada wanita merupakan gejala atau tanda awal kehamilan 1 minggu. Biasanya wanita tersebut akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya akibat tersentuh branya sendiri. Di samping itu, juga timbul rasa nyeri dan rasa tidak nyaman dengan dibarengi ukuran payudara yang lebih besar. Pertanda lain masa kehamilan 1 minggu adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk.

5. Kram Perut

Wanita yang hamil muda umumnya merasakan kram di bagian perutnya, sehingga penting diketahui gejala tersebut. Rasa kram atau sakit yang dialaminya juga diakibatkan karena terjadi adanya implantasi janin ke dinding rahim yang secara terus terasa selama proses masih berlangsung. Jika kram perut terjadi pada minggu berikutnya, segera memeriksakan diri ke dokter, bisa jadi petanda janin yang tidak berkembang.

Selain cara di atas, anda juga perlu melakukan tes urin, dan keakuratannya pun sudah cukup teruji, memiliki tingkat keakuratan mencapai 99%.
 
Back
Atas.