• Hubungi kami, klik

DP2AP2KB Yogyakarta Targetkan Kampung KB di Seluruh Kelurahan

11. DP2AP2KB Yogyakarta Targetkan Kampung KB di Seluruh Kelurahan(infopublik.id).jpg

DP2AP2KB Kota Yogyakarta mempunyai harapan di seluruh kelurahan memiliki kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Arti dari KB bukan lagi Keluarga Berencana, akan tetapi Keluarga Berkualitas. Hal tersebut berdasarkan penuturan Edy Muhammad, Kepala DP2AP2KB Kota Yogyakarta.

Jika waktu dulu kampung Keluarga Berencana dicari dengan kriteria peserta KBnya rendah, namun tingkat kemiskinannya tinggi. Dengan demikian, kampung Keluarga Berencana dapat meningkatkan partisipasi KB.

Akan tetapi hadirnya Keluarga Berkualitas ini sangat berbeda. Tidak hanya mencakup untuk membuat perencanaan saja, namun juga berupaya agar keluarga sejahtera.

Selain itu, cakupan area lebih luas dan kampung Keluarga Berkualitas lebih menitikberatkan pada kesejahteraan keluarga.

Edy mengatakan jika tahun ini telah ada 38 kampung KB di Yogyakarta. Berdasarkan rencana, pihaknya akan menambah 7 kampung KB lagi. Jika ditotal, secara keseluruhan terdapat 45 kampung KB di kota Yogyakarta.

Agar program ini dapat berjalan dengan baik, pihaknya bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), misalnya saja Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, Perindustrian, Usaha Kecil dan Menengah, serta yang lainnya.

Sejatinya, kota Yogyakarta lebih dikenal sebagai kota pendidikan, kota pariwisata, dan kota budaya. Kerjasama dengan OPD lain menciptakan inovasi seperti lorong sayur.

Sehingga menjalin kerjasama dengan DLH dan Dinas Pariwisata karena bisa berpotensi menjadi pariwisata.

Program Bina Keluarga Remaja dan Lansia

Selain program pemberdayaan, terdapat program lain seperti bina keluarga remaja. Diharapkan dengan adanya program tersebut, remaja dapat berencana sebelum memutuskan untuk berkeluarga.

Pendampingan dimulai dari edukasi reproduksi. Karena cepat atau lambat mereka akan menjadi calon pengantin.

Kemudian terkait fungsi keluarga, diharapkan para remaja mempunyai perencanaan genre atau generasi berencana. Pihaknya juga membuka konsultasi agar saling terbuka.

Tidak berhenti sampai disitu, pihaknya juga mempunyai program bina keluarga lansia. Adanya program ini diharapkan lansia menjadi lebih sehat dan mandiri.

Adanya berbagai program kampung KB Kota Yogyakarta, Edy berharap keluarga di kota ini semakin berkualitas dan tentunya sejahtera.
 
Atas.