• Hubungi kami, klik

Dampak yang Terjadi Akibat Munculnya La Nina di Jogja, Berikut Kata BMKG

14. Dampak yang Terjadi Akibat Munculnya La Nina di Jogja, Berikut Kata BMKG (pixabay).jpg

Dampak munculnya La Nina di Jogja. Fenomena satu ini sering kali disangkutpautkan dengan bencana hidrometeorologi dan berpengaruh cukup besar bagi Indonesia. Saat ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menghimbau agar masyarakat siap dengan gangguan fenomena La Nina.

Hasil analisis BMKG pada akhir tahun 2020 sampai awal tahun 2021, iklim global dihadapkan dengan gangguan cuaca akibat La Nina. BMKG melakukan pemantauan terhadap indikator laut dan atmosfer pada Samudra Pasifik.

Dampak Munculnya La Nina di Jogja, Berikut Kata BMKG

Hasilnya menunjukan suhu permukaan laut pada ekuator bagian tengah dan timur pada kondisi mendingin -0.5 sampai -1.5 derajat Celcius. Hal ini terjadi dalam kurun waktu 3 bulan berturut-turut dengan penguatan angin pasat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan fenomena La Nina ini sebenarnya sudah lama diketahui dan akan berdampak bagi iklim global. Untuk itu berikut ini dampak munculnya La Nina di Jogja.

Peningkatan Curah Hujan

La Nina ini yang terjadi pada bulan Oktober hingga Desember ini akan berdampak pada tingginya curah hujan di Jogja. Meskipun sekarang ini kita sudah memasuki musim hujan, dengan adanya La Nina ini akan menjadikan curah hujan meningkat.

Selain Jogja curah hujan yang akan meningkat akibat La Nina ini juga akan terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Seperti di wilayah Sumatera bagian selatan. Lalu Jawa, Bali, Kalimantan bagian selatan, NTT, hingga Sulawesi Selatan juga ikut terdampak La Nina.

Dengan meningkatnya curah hujan ini masyarakat dihimbau untuk lebih waspada dengan kemungkinan munculnya bencana hidrometeorologi. Kepala BMKG Dwikorita juga menghimbau pemerintah dan pihak terkait tentang pengelolaan dan mitigasi terkait dengan dampak yang mungkin terjadi.

Sektor Pertanian

Dampak munculnya La Nina ini bisa jadi mengancam sektor pertanian, karena dengan bencana akibat La Nina yang mungkin terjadi. Misalnya seperti banjir atau tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi , yang bisa merusak lahan pertanian.

Jika sudah begini tentunya perlu perhatian khusus dan kesiapan pemerintah maupun petani untuk mempertahankan lahan mereka. Karena jika tanaman rusak maka akan sangat berpengaruh pada ketahanan pangan di Indonesia.

Sektor Perikanan

Tidak hanya sektor pertanian saja yang mungkin terdampak fenomena La Nina, kita juga perlu waspada dengan dampak lain yang mungkin terjadi. La Lina ini akan mengakibatkan gelombang tinggi yang tentunya akan mengakibatkan para nelayan tidak bisa melaut.

Padahal tentunya melaut adalah sumber kehidupan mereka, jika tidak bisa melaut maka mereka tidak akan memperoleh pendapatan. Disamping itu jika nelayan tidak bisa melaut maka pasokan ikan akan semakin menipis di pasaran, tentunya akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Dampak munculnya La Nina di Jogja memang luas.
 
Atas.