Cara Melamar Kerja di Kantor Untuk Fresh Graduate Jogja

Kalian baru lulus SMA atau S1 dan berkeinginan segera melamar kerja di sebuah kantor atau perusahaan di Jogja? Kalau iya, informasi terkait cara melamar kerja di kantor untuk fresh graduate atau perusahaan Jogja ini perlu kamu tahu dan baca sampai akhir.

Ada beberapa tips, trik, dan cara melamar kerja di kantor untuk fresh graduate Jogja yang dapat membawamu punya kesempatan diterima kerja lebih besar dibandingkan pesaingmu. Apa sajakah tips dan cara tepat melamar kerja di kantor Jogja untuk fresh graduate? Berikut ulasan selengkapnya!
1722906984193.webp
1. Buat CV terbaik untuk melamar kerja dan pastikan CV kamu spesifik
CV (Curriculum vitae) menjadi sangat penting dalam melamar kerja karena di dalamnya berisi informasi singkat tentang latar belakang diri dan pribadi seorang pelamar. Biasanya, HRD akan sangat memerhatikan CV sebelum memeriksa dokumen pelengkap lamaran kerja lainnya.

Sebagai modal utama dalam melamar kerja, pastikan CV yang kalian sertakan dalam berkas lamaran kerja dibuat se-spesifik mungkin. Maksudnya bagaimana?

Maksudnya adalah gunakan 1 CV untuk 1 lamaran kerja. Dengan menerapkan metode ini, kamu dapat memersonalisasi setiap CV untuk lamaranmu sesuai dengan bidang kerja yang ingin kamu lamar. Hal ini sekaligus memberikan suatu tanda awal bagi perusahaan bahwa kalian bukan orang yang sembarangan dalam bertindak.

2. Jangan lupa tekankan SKILL yang kamu miliki
Yaps, sebuah kantor atau perusahaan biasanya menerima pelamar yang memiliki Skill bagus dan sesuai yang mereka butuhkan. Oleh karenanya pastikan diri kalian punya hard skill dan soft skill tersebut.

Pastikan pula bahwa diri kalian paham apa yang menjadi soft skill dan hard skill yang dimiliki ketika melamar, kemudian tekankan hard skill dan soft skill yang kalian punya tersebut.

Beberapa soft skill yang biasanya sangat dipertimbangkan perusahaan termasuk perusahaan di Jogja ketika akan menerima seseorang untuk bekerja di tempat mereka di antaranya adalah kemampuan mengelola emosi atau dalam hal ini memiliki kecerdasan emosional yang bagus, mampu berpikir tanggap dan cepat, mampu berpikir kritis, memiliki kemampuan problem solving yang bagus, mampu bekerja sama dan bekerja secara tim, juga memiliki kemampuan public speaking yang oke.

Jadi, untuk kamu yang masih belum lulus, persiapkan dirimu untuk mempersiapkan semua soft skill tersebut supaya ketika melamar kerja punya modal yang bagus untuk bersaing dengan sekian ratus atau bahkan ribu pelamar.

3. Bersihkan sosial media
Dikutip dari Flexjobs, dikatakan bahwa 93% rekruiter akan mencari kamu sebelum interview melalui informasi sosial media yang kamu sertakan dalam informasi surat lamaran kerja.

Biasanya, mereka akan memberikan penilaian awal terhadapmu dari sosial media yang kamu punya. Oleh sebab itu, pastikan agar sosial mediamu bersih dan bebas dari hal – hal yang tidak sopan, bernada kebencian, atau lainnya. Cara melamar kerja di kantor untuk fresh graduate Jogja ini sangat penting diperhatikan dan diterapkan.

Pastikan bahwa kalian mem-posting berbagai hal yang positif di akun sosial media kamu tersebut. Jika memungkinkan, pastikan kamu punya personal branding yang bagus di akun sosial media yang akan kamu tunjukkan atau sertakan dalam lamaran kerjamu.

4. Kumpulkan portofolio
Bagaimana caranya untuk mengumpulkan portofolio kerja sementara kita belum pernah punya pengalaman kerja atau bisa dikatakan pengalaman kerja kita 0 (Nol)?

Nah, untuk fresh graduate yang mengalami masalah yang sama, ingin kerja di kantor tapi 0 pengalaman, media jogja berani menganjurkan kepada kalian untuk mengumpulkan portofolio sejak kalian masih duduk di bangku sekolah atau di bangku kuliah.

Caranya bagaimana?

Caranya adalah dengan ikut berbagai program magang, seminar, program bakti dan berbagai program sejenisnya untuk memberikan portofolio pengalaman kerja meski sejatinya kalian belum pernah bekerja.

Biasanya, banyak perusahaan atau kantor yang masih akan mempertimbangkan fresh graduate yang aktif dengan ikut serta berbagai program semacam itu karena perusahaan mempertimbangkan mereka memiliki basic kerja dari program yang diikuti dibandingkan mereka yang sama sekali tidak menyertakan portofolio tersebut.

Buktikan bahwa kalian pernah ikut program seminar, magang, atau program bakti dengan melampirkan sertifikat magang atau sertifikat program bakti. Jika ada, lampirkan juga transkrip nilai yang biasanya diberikan oleh kantor atau perusahaan tempat kalian magang atau ikut program bakti sebelumnya.

5. Mulai latihan interview
Sebelum kamu dinyatakan diterima kerja oleh sebuah perusahaan, kamu pasti akan melalui proses interview. Oleh sebab itu, jauh – jauh hari sebelum kamu dipanggil interview, pastikan kamu sudah berlatih interview sendiri.

Cari tahu apa saja pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh rekruiter atau HRD kepada pelamar yang diinterview. Buat juga jawaban – jawabannya kemudian berlatihlah menjawab pertanyaan rekruiter ketika interview dengan jawaban – jawaban yang sudah kamu siapkan.

Berlatihlah tanya jawab sendiri di depan kaca dan pastikan kamu siap ketika interview nanti. Dengan melakukan latihan semacam ini, kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri di dalam dirimu dan sekaligus dapat mengetahui mana jawaban yang dirasa kurang pas untuk kemudian ditingkatkan.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait bagaimana cara melamar kerja di kantor untuk fresh graduate Jogja. Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan bermanfaat khususnya bagi kalian yang sedang sibuk mencari informasi lowongan kerja dan sibuk melamar kerja.

Cek informasi menarik dan terbaru lainnya termasuk informasi lowongan kerja di sekitar Jogja melalui website kami, wargajogja.com.
 
Back
Atas.