Cara Budidaya Burung Gelatik Putih di Rumah Untuk Pemula

Gelatik putih merupakan salah satu jenis burung gelatik yang saat ini sedang populer di kalangan para pecinta burung. Jenis burung gelatik yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis burung gelatik jawa atau gelatik belong kecuali pada warna bulunya yang putih bersih. Burung gelatik putih sendiri memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan jenis burung lainnya karena penampilan fisiknya yang sangatlah cantik serta bulunya yang begitu putih dan indah.

Jika gelatik belong memiliki corak bulu yang khas yakni berwarna abu – abu atau hitam pada bagian kepalanya, maka burung gelatik putih sama sekal itidak memiliki corak tersebut. Gelatik putih sendiri konon berasal dari jenis burung gelatik belong yang telah mengalami rekayasa genetik, jenis burung gelatik yang satu ini memang menjadi incaran para pehobi burung karena keunikannya. Hal ini tentu saja bisa menjadi suatu peluang usaha bagi Anda, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara budidaya burung gelatik putih di rumah untuk pemula.
1707218728930.jpeg

Tips Budidaya Burung Gelatik Putih


1. Memilih Calon Indukan

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin memulai usaha budidaya burung gelatik putih adalah dengan memilih indukan, alangkah baiknya jika Anda bisa memilih calon indukan burung gelatik putih yang berkualitas. Anda bisa memilih calon indukan yang berkualitas dengan memperhatikan fisiknya, Anda harus memilih dengan jeli agar tubuh calon indukan tidak memiliki cacat fisik.

2. Membedakan Gelatik Jantan dan Betina

Sebelum melakukan budidaya, Anda harus membedakan terlebih dahulu burung gelatik putih berjenis kelamin jantan dengan betina. Gelatik putih jantan memiliki postur tubuh yang proporsiona dan juga lebih tegap dibanding gelatik betina. Selain itu burung gelatik jantan memiliki pangkal paruh yang berwarna merah tua, sedangkan gelatik betina pangkal paruhnya berwarna merah muda.

3. Menyiapkan Kandang

Burung gelatik putih dibudidayakan dengan sistem soliter sehingga jenis kandang yang digunakan hanya diperuntukkan untuk sepasang indukan burung gelatik putih saja sehingga ukurannya tidak perlu terlalu besar. Anda bisa membuat kandang dari material kayu dan juga kawat dengan ukuran 60 cm x 40 cm, Anda juga harus menyediakan tempat pakan, tempat minum, dan tempat bertengger.

4. Proses Penjodohan

Untuk memulai proses penjodohan, maka Anda bisa saling mendekatkan kandang burung gelatik jantan dengan kandang burung betina terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar keduanya saling mengenal. Proses yang satu ini biasanya akan membutuhkan waktu hingga beberapa hari hingga indukan burung gelatik jantan dan betina menunjukkan sikap yang agresif dan memasukkannya kesatu kandang.

5. Menentukan Kualitas Telur

Setelah melalui proses penjodohan dan perkawinan, maka burung gelatik betina akan mengeluarkan telur. Setiap indukan gelatik betina akan mampu mengeluarkan telur sebanyak 5 hingga 9 butir setiap kali proses perkawinan. Setelah itu Anda harus memilih telur yang akan ditetaskan dengan cara meneropongnya dengan menggunakan mesin penetas telur.

Burung gelatik putih merupakan salah satu burung yang sangat populer, Anda bisa membudidayakannya dengan cara yang telah diulas di atas.​
 
Back
Atas.