Info Wisata Bisa Ditempuh Jalan Kaki, Kenali 6 Wisata Jogja Dekat Malioboro

Jogja

Moderator
Staff Member
#1
Malioboro menjadi salah satu lokasi, yang tidak boleh absen di kunjungi saat ke Jogja. Para pengunjung tumpah ruah, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam kacamata penikmat jalanan Malioboro, ada daya tarik tersendiri yang membuatnya istimewa. Menawarkan tidak hanya wisata belanja, namun wisata Jogja dekat Malioboro juga sangat menarik. Pengunjung tinggal berjalan kaki menuju lokasi, penasaran apa saja? Simak disini.

Deretan Tempat Wisata Populer di Sekitar Malioboro

1. Tugu Jogja

Jaraknya sekitar 1 kilometer dari sebelah utara Malioboro, lalu anda akan menemukan tugu pal putih yang sangat ikonik. Lebih tepatnya tugu berdiri di perempatan, antara Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Margo Utomo. Tugu menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, Kraton Jogja, dan Gunung Merapi. Setiap malam area tugu selalu ramai wisatawan, baik sekedar ambil foto atau wisata kuliner di kaki lima sekitarnya.

2. Pasar Beringharjo

Disebut-sebut sebagai pasar tradisional, yang memiliki nilai historis penting di Jogja. Pada masa berdirinya Kraton Yogyakarta, wilayah pasar merupakan pusat perekonomian warga Yogyakarta. Kini area pasar disulap menjadi bagian dari wisata Jogja dekat Malioboro, yang selalu padat pengungjung setiap hari. Sambil berjalan santai menyusuri Malioboro, anda bisa sekalian mampir ke pasar. Para penjualnya menawarkan barang antik, batik, serta makanan khas Jogja.

3. Benteng Vredeburg

Ingin berwisata sejarah? Cobalah berjalan sekitar 180 meter ke selatan dari arah pasar Beringharjo. Anda akan menemukan sebuah benteng kokoh bekas peninggalan Belanda. Dulunya merupakan tempat untuk mengontrol segala perkembangan, yang terjadi di dalam kekuasaan Kraton Yogyakarta. Kini benteng dialih fungsikan sebagai museum, dimana pengunjung bisa mempelajari sejarah Indonesia. Untuk memasuki Benteng Vredeburg akan dikenakan biaya 2 ribu hingga 10 ribu.

4. Titik Nol Kilometer Jogja

Kalau anda melihat beredarnya foto di instagaram, yang menampilkan suasana khas kota Jogja. Disinilah para fotografer tersebut mengambil gambar, tinggal jalan sejauh 130 kilometer ke arah selatan dari Benteng Vredeburg. Wisata Jogja dekat Malioboro ini begitu menarik hati wisatawan. Dengan bangku dan penataan taman yang rapi, serta dikelilingi oleh bangunan bersejarah. Terdapat pula Monomunen Satu Maret, yang menambah estektika lokasi wisata.

5. Taman Pintar

Dari arah Titik Nol Kilometer sebelah timur, pengunjung bisa berjalan sekita 500 meter. Anda akan melihat wahana wisata edukasi dan rekreasi Taman Pintar Yogyakarta. Di desain dengan beberapa zona edukasi anak, seperti PAUD, gedung Oval-Kotak, gedung memorabilia, planeterium dan taman bermain. Di kawasan taman juga dapat menemukan jajaran kios buku, yang menjual buku bekas maupun baru. Untuk biaya tiket tergantung zona yang dikunjungi.

6. Keraton Yogyakarta

Kompleks bangunan keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan. Didalamnya berisi urusan rumah tangga istana, dan masih menjalankan tradisi kesultanan. Wisata Jogja dekat Malioboro ini menjadi simbol kejayaan Daerah Istimewa Yogyakarta, hingg sekarang ini. Pengunjung diinjinkan berkeliling kawasan keraton, mulai pukul 9 pagi sampai pukul 2 siang. Sebagian kompleks keraton menyimpan koleksi milik kesultanan, dan peninggalan masyarakat Jawa lainnya.

Berkunjung ke Yogyakarta pasti tidak pernah melewatkan, momen berjalan santai di Malioboro. Baik pagi, siang maupun sore jalanan Malioboro selalu asyik untuk ditelusuri. Ada banyak kawasan wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari tempat sejarah hingga spot foto unik. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi umum, atau memesan ojek online. Anda tinggal berjalan beberapa meter saja, dan menemukan tujuan wisata yang dicari.