• Hubungi kami, klik

Berburu Senja Di Candi Ratu Boko Situs Bersejarah Yang Mempesona Di Jogja

IMG_20211114_212110.jpg

Banyak sekali situs bersejarah dan memiliki beragam budaya menarik yang ada di Yogyakarta. Tak heran jika Yogyakarta disebut sebut sebagai pusat pariwisata selanjutnya setelah Pulau Bali. Salah satu situs monument yang bersejarah adalah Candi Ratu Boko yang merupakan peninggalan dari kerajaan budha jaman dahulu. Nah yuk intip pesona yang dimiliki oleh candi bersejarah satu ini.

Pesona Keindahan Peninggalan Ratu Boko

Gerbang candi ini terdiri dari 2 gerbang yaitu gerbang bagian dalam dan bagian luar dari barat situs. Gerbang luar memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gerbang dalamnya yang merupakan sebuah gerbang utama keraton. Gerbang ini juga disusun dengan gapura paduraksa. Anda akan menemukan tiga gerbang luar dan lima gerbang utama.

Terdapat tulisan panabwara yang diketahui adalah nama anak dari Prabu Rakai Panangkaran. Menurut sejarah tercatat Prabu Rakai Panagkaran adalah penguasa dari Kerajaan Ratu Boko. Kompleks ini adalah sebuah bangunan yang menyerupai candi yaitu batu kapur dan batu putih yang ada di bagian timur laut. Candi ini dinamakan dengan batu kapur karena fondasi candi terbuat dari batu kapur.

Kompleks Candi Ratu Boko ini terletak di bukit dengan ketinggian 200 mdpl. Bisa dikatakan kawasan ini adalah kawasan keratin yang cukup lengkap diantara keraton jawa lainnya. Komplek bangunan ini cukup lengkap dan terdiri dari pintu gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandan dan juga pagar pelindung. Dari atas candi ini anda akan melihat hamparan sawah, candi dan terkadang kereta api yang sedang melintas.

Selain itu anda juga akan melihat indahnya pepohonan dan rumput rumput yang serba hijau. Untuk bisa menikmati pemadangan ini, anda bisa duduk di kursi kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Kursi ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik bagi para sobat traveller semua. Pesona menarik yang dapat disaksikan adalah keindahan pesona matahari terbenam dari gunung yang begitu cantik dan bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Warna oranye dari matahari yang tepat berada di tengah tengah pintu gerbang situs Candi Ratu Boko akan menyambut dengan paduan warna langit yang cantik. Bisa dipastikan jika tempat ini akan mempu menghasilkan foto siluet yang terbaik. Bisa menyaksikan matahari terbenam dari situs candi adalah suatu keberuntungan. Hal ini karena awan kabut akan menyelimuti kawasan ini.

Selain spot foto yang indah anda juga bisa berkemah, trekking dan paket wisata edukatif beserta pemandu yang bisa dimanfaatkan oleh traveller. Untuk bisa sampai di candi ini, anda akan menempuh perjalanan 3 kilometer setelah pertigaan pasar prambanan. Anda bisa menggunakan maps untuk memudahkan mencapai tujuan.

Harga tiket lokasi ini cukup terbilang murah yaitu berkisar dari 25 ribu rupiah untuk usia diatas 6 tahun. Sementara bagi anak yang berada di bawah 6 tahun akan dikenakan tarif sekiar 10 ribu saja. Anda bisa melakukan banyak aktivitas saat berkunjung ke situs ini seperti berfoto selfie, atau sekedar berjalan jalan di area situs Candi Ratu Boko.

Itulah beberapa ulasan mengenai komplek ratu book yang memiliki nilai sejarah yang aman bersejarah. Anda bisa berkunjung ke monument ini saat matahari akan tenggelam. Menyambt sunset di sore hari bersama pasangan tentu akan terasa romantis dan berbeda dari biasanya. Selain spot foto yang menarik, peninggalan bersejarah ini juga memiliki nilai historis yang tinggi.
 
Atas.