Beberapa Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil

Makanan merupakan zat gizi yang selalu dibutuhkan oleh tubuh, namun di sisi lain ada jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Banyak mitos tentang kehamilan yang beredar di masyarakat yang memang ada benarnya. Hanya saja membuat ibu hamil bingung untuk mengkonsumsi makanan. tentu saja ibu hamil haru tahu mana mitis yang benar yang mana yang termasuk fakta.

Ibu hamil memang dituntut untuk makan makanan yang bergizi tanpa terpengaruh zat berbahaya lainnya. Saat di masa - masa kehamilan, anda para ibu - ibu sangat dilarang untuk sembarangan mengkonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan apa yang dikonsumsi ibu hamil juga akan dimakan oleh janin yang ada di dalam kandungan si ibu hamil. Ada kalanya anda mengetahui beberapa makanan pantangan bagi ibu hamil seperti ulasan di bawah ini.
1707435428727.jpeg

Ketahui Jenis Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil

1.Makanan Pemicu Alergi

Jika anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, memungkinkan risiko alergi akan dialami juga oleh janin yang terdapat dalam kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari jenis makanan yang mampu memicu alergi, misalnya kacang atau produk olahan ikan lainnya. Anda pun dilarang mengkonsumsi makanan alergi baik ketika hamil atau sedang menyusui yang cenderung berisiko alergi pada anak.

2. Makanan Mentah

Seperti yang kita tahu bahwa makanan mentah berasal dari hewan maupun sayuran mampu menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa makanan yang dari ikan mentah, misalnya sushi, daging setengah matang, dan adonan kue yang masih mentah dengan kandungan bakteri, virus, dan parasit. Sementara itu, sayuran mentah seperti kecambah mentah memiliki risiko bakteri yang lebih tinggi daripada dengan sayuran lainnya.

3. Ikan dengan Kandungan Merkuri


Pada umumnya ikan laut sangat bagus bgai kesehatan, termasuk kesehatan janin. Namun anda mestti selektif dalam memilih jenis ikan terutama yang mengandung merkuri karena cenderung tidak baik bagi janin. Biasanya ikan yang kaya akan kandungan merkuri tinggi adalah ikan todak, ikan mackerel, dan tilefish yang dikhawatirkan akan menganggu kinerja perkembangan otak maupun sistem saraf pada janin yang dikandung.

4. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Bagi ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi susu mentah yang belum dipasteurisasi. Biasanya pasteurisasi sendiri bertujuan untuk membasmi bakteri jahat dengan menggunakna suhu yang panas. Maka dari itu, jika anda akan mengkonsumsi susu atau produk olahan lainnya, mesti diteliti dan hati-hati. Susu yang tidak dipasteurisasi sangat berisiko mengandung bakteri listeria, bakteri ini akan berdampak buruk bagi kandungan karena meningkatkan risiko keguguran.

5. Minuman Beralkohol

Satu lagi minuman yang mengandung alkohol akan menghambat asupan nutrisi bagi janin. Selain itu, oksigen yang dibutuhkan janin juga akan mengalami penyendatan. Pasalnya alkohol mampu memicu kemampuan otak janin yang tidak normal. Apabila ibu hamil mengkonsumsi alkohol maka akan berisiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk IQ maupun gangguan fisik.

Itulah Beberapa Makanan Pantangan Bagi Ibu Hamil. Setidaknya anda memperhatikan pola makan sehat saat masa kehamilan berlangsung, sehingga kesehatan anda dan janin yang terkandung dapat terjaga.​
 
Back
Atas.