1. Kesulitan dalam menggunakan forum hubungi email admin@wargajogja.com atau wargayogyakarta@gmail.com
    Tutup Pemberitahuan

Share Beberapa Daerah di DIY yang Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

Diskusi di 'Lingkungan' dimulai oleh Putri Marisa, 8 Nov 2018 pada 22:38.

  1. Putri Marisa

    Putri Marisa New Member

    Beberapa Daerah di DIY yang Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

    YOGYA - Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Agus Sudaryanto, menjelaskan adanya potensi hujan lebat di DIY pada tanggal 6 hingga 9 November mendatang.

    Sementara itu untuk tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta diprakirakan berkisar antara 2,5 hingga 3 meter.

    Hal ini disebabkan melemahnya aliran massa udara kering dariAustralia, adanya konvergensi (pertemuan dan perlambatan kecepatan angin) di wilayah Jawa serta kondisi menghangatnya suhu permukaan laut di Samudera Hindia selatan Jawa.

    Hal ini dapat memicu pertumbuhan awan konvektif yang berpotensimengakibatkan hujan intensitas lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah DIY.

    Beberapa wilayah yang akan mengalami hujan lebat diantaranya Kulonprogo (Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo), Sleman (Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Minggir, Seyegan, Sleman), Gunungkidul (Ngawen, Gedangsari, Patuk,Purwosari, Playen), Bantul (Dlingo, Kretek, Pundong).

    Dengan adanya potensi cuaca ekstrem ini, BMKG DIYmengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat diantaranya adalah mewaspadai potensigenangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

    Masyarakat juga perlu waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh.

    Warga juga diminta agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

    “Waspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi nelayan dan wisatawan di sepanjang pantai selatan Yogyakarta,” ujarnya
     

Bagikan Halaman Ini