• Hubungi kami, klik

Ajak Hidup Sehat, Bupati Sleman Luncurkan Senam Sleman Bangkit

12. Ajak Hidup Sehat, Bupati Sleman Luncurkan Senam Sleman Bangkit(infopublik.id).jpg

Hj. Dra. Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan Senam Sleman Bangkit sebagai olahraga senam kreasi khusus Kabupaten Sleman. Peluncuran kreasi senam ini dilaksanakan secara massal di Museum Gunungapi Merapi (SGM).

Bupati Sleman Meluncurkan Senam Sleman Bangkit

Bupati Sleman menyatakan jika senam massal dan peresmian Senam Sleman Bangkit ini adalah sebagai wujud dan upaya Pemerintah Kabupaten dalam mendorong budaya hidup aktif dan sehat melalui kegiatan olahraga.

Pasalnya selama pandemi Covid-19 banyak aktivitas terhenti karena adanya berbagai keterbatasan. Akan tetapi, kelonggaran pembatasan saat ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penuh manfaat seperti senam massal.

Pemkab Sleman melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menciptakan kreasi senam baru untuk memotivasi masyarakat Sleman khususnya.

Pemerintah Kabupaten Sleman terus melakukan upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai inovasi. Salah satunya adalah kreasi senam baru. Launching senam kreasi ini ditandai dengan digelarnya senam massal.

Senam merupakan bentuk dari latihan fisik yang tersusun secara sistematis dan terarah. Kemudian melibatkan gerakan-gerakan secara sistematis.

Senam menjadi salah satu olahraga yang baik untuk tubuh dan kebugaran jasmani bila dilakukan dengan benar dan teratur.

Sementara itu, senam kreasi merupakan senam yang diiringi musik dan dilakukan secara berirama.

Jenis senam kreasi dapat menggunakan musik apa saja, termasuk musik daerah karena dapat dikembangkan gerak kreasinya.

Dalam acara tersebut, Kustini juga menghimbau kepada semua lapisan masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus Covid-19.

Dia menegaskan jika dalam pelaksanaan aktivitas apapun harus selalu menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan.

Perpaduan Gerakan Senam dan Tari Tradisional

Senam Sleman Bangkit merupakan olahraga yang mengkombinasikan gerakan senam dengan gerakan tari tradisional khas Sleman. Hal tersebut sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya lokal.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan seluruh kapanewon di wilayah kabupaten Sleman. Kemudian agenda kegiatan diakhiri dengan pembagian sejumlah doorprize kepada para peserta yang hadir dan ikut serta senam massal tersebut.

Kegiatan senam massal Senam Sleman Bangkit berjalan dengan lancar dan tertib. Bupati Sleman terus memotivasi masyarakat Sleman untuk berolahraga senam.
 
Atas.