• Hubungi kami, klik

Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Tersembunyi di Jogja

IMG_20211117_105310.jpg

Berbicara tentang keindahan dan objek wisata Jogjakarta memang tidak ada habisnya. Keindahan alam yang dimiliki oleh Yogyakarta rasanya tidak akan habis untuk dibahas karena ada banyak sekali panorama alam yang masih tersembunyi. Salah satunya adalah Kedung Pedut yang merupakan air terjun yang letaknya cukup tersembunyi. Yuk simak pesona alam yang dimiliki oleh Air Terjun Kedung Pedut berikut.

Air Terjun Nan Ekstoris yang Ada di Kulonprogo

Kedung Pedut adalah salah satu objek wisata yang cantik dan menawan. Objek wisata ini memiliki dua warna yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kembang, desa Jatimulyo Kecamatan Girimulyo. Daya tarik yang dimiliki oleh air terjun ini terlatak pada warna airnya yang unik, yakni biru toska dan putih jernih. Selain itu keberadaannya pun dibuat laksana water park tradisional seperti papan seluncur kayu.

Selain itu pesona air terjun ini akan membuat siapa saja merasakan kesejukan yang tiada duanya. Anda akan melihat batu kapur yang ukurannya melebihi binatang kerbau tiap batunya. Air yang melimpah meluncur deras dari sela sela batu, akan turun ke bawah dan menciptakan kolam yang lebar. Dibagian tas terdapat jembatan bambu yang lebarnya satu meter untuk wisatawan yang melintas dari satu tebing ke tebing yang lain.

Dari jembatan ini anda akan bisa menyaksikan ramainya wisatawan yang berendam di kolam lebar Air Terjun Kedung Pedut. Keramaian pengunjung ini kerap kali dijadikan latar belakang foto yang unik dan menarik. Jatuhan air yang deras, cipratan air yang membentuk embun dan keramaian kolam dibawahnya ini seperti perpaduan yang menarik perhatian para pengunjungnya.

Kolam yang ada di bawah air tejun ini mengasilkan kolam berkabut. Kabut yang dihasilkan ini berasal dari air terjun yang turun pusat air terjun. Nama kedung pendut sendiri berarti kabut yang tercipa dari kolam alami. Saat wisawatan berjalan sejauh 500 meter menyusuri tebing menuju tepi sungai, anda akan menyaksikan panorama lembang bersungai dan air terjun.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Untuk bisa mencapai tempat wisata ini anda harus menempuh jarak 16 kilometer dari kota water, Ibukota Kulonprogo. Mobil dan motor bisa menjangkau objek wisata Air Terjun Kedung Pedut ini. Namun anda akan melewati jalan yang menanja dan sempit sehingga akan merepotkan beberapa pejalan kaki. Anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua dengan catatan motor benar benar kuat untuk menanjak.

Apabila anda menyukai diving, maka anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Sepatu diving sangat disarakan untuk berjalan di air sungai karena batu batu kapur di dalamnya sangat tajam, sehingga bisa melukai bila tidak berhati hati. Wajib bagi anda untuk membawa baju ganti karena anda akan menyesal jika tidak berendam di dalam kolam air terjunnya.

Untuk menjamin kenyaman pengunjung, pihak pengelola telah bekerja sama dengan masyarakat untuk membangun beberapa fasilitas. Meskipun tergolong masih sederhana, namun akan membantu wisatawan yang datang berkunjung. Diantara fasilitas tersebut adalah jembatan dari bambu, mushola, toilet, kamar mandi serta warung makan. Untuk tiket masuknya pun terbilang sangat murah. Cukup dengan 3 ribu rupiah saja anda bisa menikmati kesegaran Air Terjun Kedung Pedut.

Nah itulah beberapa ulasan pesona yang dimiliki oleh Kedung Pedut. Air tejun ini memang merupakan surga yang tersembunyi yang dimiliki oleh Jogjakarta. Belum banyak pengunjung yang mengunjungi wisata air terjun ini. Namun jika anda berkunjung ke wisata air terjun ini, anda akan merasakan kesegaran air terjun alami dari sumbernya. Selain itu kolam air terjun ini juga bisa berkabut karena jatuhnya air dari atas.

IMG_20211117_105510.jpg


IMG_20211117_105453.jpg


IMG_20211117_105421.jpg


IMG_20211117_105403.jpg


IMG_20211117_105324.jpg


IMG_20211117_105242.jpg
 
Atas.