7 Ide Bisnis Mahasiswa di Jogja Ramai Pelanggan, Cobain dan Dapatkan Cuan!

Ingin menambah uang saku, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta menjalin relasi lebih luas, menjadi beberapa alasan mahasiswa tertarik untuk memulai suatu bisnis sejak di bangku kuliah. Untuk kalian yang juga tertarik melakukannya, cukup banyak ide bisnis mahasiswa di Jogja yang bisa dijalankan.

Kalian bisa menjalankannya sendiri di sela – sela waktu kuliah, dijalankan bersama teman, atau menjalankan bisnis tersebut berdasarkan pesanan dengan sistem pre order. Adapun beberapa ide bisnis mahasiswa di Jogja yang direkomendasikan dan berpeluang ramai pelanggan, akan kami ulas daftarnya berikut ini!
1707523249406.jpeg

7 Ide Bisnis Mahasiswa di Jogja Ramai Pelanggan

Jasa les private

Banyak orang tua butuh jasa les private untuk anak – anaknya, utamanya untuk pelajaran bahasa Inggris dan Matematika.

Nah, buat kalian anak kuliahan atau mahasiswa yang merasa punya kemampuan mengajar bahasa Inggris atau Matematika, bisa banget nih membuka jasa les private karena pasti akan banyak ibu – ibu yang mencari jasamu untuk anak mereka.

Atau punya keahlian lain selain dua pelajaran itu dan merasa kalau akan banyak orang yang butuh ilmu tersebut? Kalian juga bisa membuka course sesuai keahlian tersebut.

Jasa buket dan gift

Buket dan gift biasanya akan sangat dicari untuk dijadikan kado ulang tahun bagi teman, sahabat, kekasih, atau orang tua, juga dijadikan sebagai buah tangan kepada orang terdekat yang sedang menjalankan sempro atau melalui prosesi wisuda.

Kalian anak kuliahan atau mahasiswa yang merasa punya kemampuan membuat buket dan gift unik, bisa menyediakan jasa buket atau gift. Satu buket atau gift biasanya dibanderol dengan harga mulai dari 65 ribu rupiah, dengan proyeksi keuntungan mulai dari 15 sampai 20 ribu rupiah. Cocok banget dijadikan sebagai ide usaha sampingan mahasiswa.

Menjadi konten kreator atau YouTuber

Merasa punya daya tarik dan memiliki kepercayaan diri untuk tampil di depan kamera? Jika iya, kalian bisa menjadi seorang konten kreator atau YouTuber.

Modal yang diperlukan untuk mulai mendapat penghasilan dari pekerjaan ini hanyalah akun instagram atau TikTok, akun YouTube jika kalian ingin jadi YouTuber, kuota internet yang cukup, kemampuan untuk mengedit video meski skill editingnya masih simpel, dan rasa percaya diri untuk menyampaikan sesuatu kepada audiens.

Jika modal tersebut sudah kalian punya, bisa dipastikan jalanmu menjadi konten kreator atau YouTuber akan semakin mudah.

Bisnis makanan ringan

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Utamanya anak kos, ketika gabut atau mengerjakan tugas pasti butuh camilan. Karena itu, bisnis makanan ringan dapat menjadi salah satu ide bisnis mahasiswa di Jogja yang potensial dijalankan.

Kalau tidak punya skill membuat makanan ringan bagaimana?

Tenang saja, kalian juga bisa kok membeli makanan ringan kiloan untuk dijual per pcs ukuran kecil, kalian bisa mengambil untung dari selisih harga makanan ringan kiloan yang dibeli dengan harga jual per pcs ukuran kecil tersebut.

Kalau bisa membuat atau memproduksi makanan ringan sendiri, tentu lebih bagus karena biasanya keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Lagi, kalian bisa memastikan quality control rasa dan kualitas secara maksimal karena buatan sendiri.

Menjual lauk

Selain suka ngemil, anak kos biasanya jarang ada waktu untuk memasak lauk. Rata – rata anak kos yang sedang kuliah menanak nasi sendiri pakai magic com, lalu lauknya beli.

Nah, kalau kalian punya waktu memasak lauk dan bisa memasak lauk sendiri dengan rasa yang cukup enak atau sangat enak, maka tentu hal tersebut bisa menjadi modal untuk membuka usaha selama kuliah.

Reseller atau dropship produk fashion dan kecantikan

Fashion dan skincare menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan dari anak kuliah. Baik cowok atau cewek biasanya akan mengoleksi banyak item fashion untuk menunjang penampilan kuliahnya, sementara khususnya anak cewek pasti juga sangat butuh skincare untuk kebutuhan kulitnya.

Karena itu, peluang bisnis menjadi reseller atau dropship yang menjual produk kecantikan dan fashion dapat menjadi sebuah ide bisnis menarik untuk dijalankan.

Jasa fotografi dan videografi

Jogja adalah sebuah kota dengan begitu banyak potensi wisata yang bisa dijelajahi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan banyaknya potensi wisata yang ada, tentu jasa fotografi dan videografi akan sangat dicari. Kalau kalian anak kuliah yang punya skill fotografi dan videografi, punya kamera yang bisa dipakai juga, bisa banget nih menjalankan bisnis jasa fotografi dan videografi di hari libur kuliah.

Kalian bisa menjual jasa tersebut untuk turis atau wisatawan asing, wisatawan lokal, atau menjual jasa untuk kebutuhan prewedding dan post wedding. Pasti banyak yang mengincar.

Itulah beberapa ide bisnis mahasiswa di Jogja yang direkomendasikan untuk dijalankan anak kuliah atau mahasiswa. Dapatkan cuan dari menjalankan usaha tersebut, selamat mencoba!.​
 
Back
Atas.