• Member baru jangan lupa verifikasi email dengan cara klik link yang kami kirimkan ke email yang terdaftar. Member yang belum aktivasi email dan juga bagi non member tidak bisa posting gambar, video, maupun file.

11 Persiapan Sebelum Berenang yang Menyenangkan

Abdidalem

Silver 2
Staff Member
Verified
Persiapan Berenang (sumber : Youtube  i am Nadine)

Beberapa persiapan sebelum berenang bisa membuat harimu lebih menyenangkan sekaligus mendapat manfaat renang yang optimal untuk tubuh dan kesehatanmu.

Persiapan ini tak kalah penting, karena seringkali kejadian kalau melupakan sesuatu yang dianggap remeh itu, malah berakhir jadi merusak keseluruhan hari.

Semoga kita satu pemahaman mengenai hal ini…

Beberapa poin di bawah ini, akan mengingatkanmu beberapa hal praktis untuk membantu kelancaran aktivitas berenangmu.

Apa saja itu? Yuk disimak informasinya!

1. Makan dan Minum

Umumnya, makanlah 2-3 jam sebelum berolahraga berikut minum 2 gelas air (400ml-500ml).

Untuk makanan ringan berikut 1 gelas air minum (200ml-250ml) bisa dikonsumsi 30 menit hingga 1 jam sebelum berenang.

Pilih makanan sehat dan bertenaga karena berenang menguras banyak energi.

2. Jangan Lupakan Pemanasan

Cara terbaik untuk pemanasan dalam dalam berenang adalah berenang perlahan atau jalan cepat selama lima menit sebelum melakukan peregangan.

Dua hal simpel itu sangat bermanfaat loh, apalagi kalau melakukan peregangannya di dalam air.

Melakukan peregangan di dalam air menyebabkan tubuh menjadi dingin dengan cepat, jadi pertahankan suhu tubuh dengan berjalan kaki, jogging di tempat, atau mengayunkan lengan atau kaki selama 20 detik di antara setiap peregangan.

Boleh gak sih langsung saja masuk ke kolam tanpa pemanasan dulu?

Peregangan dan pemanasan yang baik akan mengendurkan otot serta membuat darah mengalir ke seluruh tubuh. Tanpa pemanasan, tubuh bisa kaget menghadapi suhu lingkungan yang langsung berubah.

3. Selalu Melatih Pernapasan

Perenang yang sudah senior saja selalu melatih pernapasannya. Mereka berlatih menahan napas panjang selama berenang serta mencoba memaksimalkan keterampilan menahan napas di bawah air.

Masa kita gak berlatih, ya kan?

Banyak manfaat yang akan diperoleh setelah pernapasan kita terlatih. Salah satunya adalah dapat fokus untuk melatih gerakan ketika sedang berada di dalam air.

4. Mengecek Keadaan dan Waktu yang Tepat untuk Ke Kolam

Mengacu pada kebiasaan umum, kebanyakan orang menyukai pergi ke kolam di sore hari. Sore hari menjadi waktu yang populer karena orang-orang telah selesai bekerja atau sekolah.

Suhu air di sore hari pun terhitung lebih hangat dan nyaman untuk berenang.

5. Membawa Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Berenang

Berenang adalah olahraga yang terjangkau, kita tak perlu mempersiapkan perlengkapan yang mahal untuk melakukannya. Yang kita butuhkan hanyalah beberapa hal sederhana seperti kacamata, topi, dan baju renang.

Bila kegiatan renangnya di lakukan di perairan lepas, beberapa alat fungsional yang wajib ada untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan perenang, seperti: pelampung, snorkel dan tabung oksigen.

6. Memilih Pakaian dari Bahan yang Tepat

Bahan pakaian yang terbuat dari Poliester, Elastane dan Nylon memiliki sifat tidak menyerap yang membuatnya cocok untuk dijadikan pakaian renang.

Elastane adalah kain super melar yang lebih dikenal dengan merek Spandex atau Lycra.

Bahan polyester memiliki keunggulan dalam hal ketahanan warnanya dan tahan terhadap klorin, ini menjadikannya sebagai pilihan yang sempurna.

Nylon adalah bahan lain yang bagus untuk pakaian renang, tetapi kurang awet seiring waktu.

Kenapa bukan dari katun? Karena katun dapat membawa kontaminan udara dan air ke kolam.

Lainnya, bahan penyerap seperti kapas dapat terurai di dalam air. Jenis serat seperti ini dapat menyumbat filter kolam dan jadi masalah baru karena akan memakan biaya perbaikan yang mahal.

7. Membawa Topi untuk Berenang

Kenapa sih harus pakai topi? Dewasa juga harus pakai topi juga?

Jawabannya adalah YA.

Sangat disarankan untuk menggunakan topi renang baik anak-anak maupun orang dewasa.

Kenapa?

Karena bukan hanya membantu perenang, tetapi juga membantu menjaga saluran air kolam, filter, dan pompa untuk selalu bersih dari rambut.

Plus, memakai topi akan membuat perenang terlihat keren, membuatnya nampak bagai perenang prefesional yang kompetitif dalam suatu kompetisi yang resmi. Setuju?

Alasan lain mengapa lebih baik menggunakan topi adalah untuk menjauhkan rambut dari mata dan mulut sehingga perenang dapat melihat dan bernapas dengan baik.

Begitupun untuk perenang lain yang satu kolam dengan kita, mereka akan terhindar dari gangguan rambut kita yang jatuh maupun yang nyangkut di area sekitar kolam.

Topi renang bahkan dapat membantu fokus perenang pemula, dari kebiasaannya untuk bermain-main dengan rambutnya selama menyimak pelajaran dari guru atau mentornya.

Dalam prakteknya, disarankan untuk mengenakan dua jenis topi renang. Topi lapis pertama berbahan lateks.

Kenapa?

Karena bahan lateks dapat menempel dengan baik di kepala. Namun, bahan ini punya kekurangan karna mudah mengerut ketika bergesekan dengan air. Karena itulah, diperlukan lapisan kedua berbahan silikon yang memiliki sifat tak mudah kusut.

Topi renang sendiri merupakan barang yang awet. Usia penggunaannya bisa 1 bulan paling cepat, hingga 3 tahun paling lama. Tentu semua itu bergantung juga pada penggunaan dan perawatan pemiliknya ya..

8. Memilih Pakaian Renang yang Aman

Apa maksudnya?

Aman di sini adalah dalam artian tidak tembus pandang saat basah.

Semua produsen pakaian renang harus selalu mempertimbangkan keadaan ini karena ini akan berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan konsumennya.

9. Gunakan Perlengkapan Pendukung yang Waterproof

Contoh perlengkapan pendukung esensial diantaranya adalah tas. Pilih yang terbuat dari bahan tahan air. Lebih praktis bila ukurannya relatif kecil dan memiliki banyak kantong untuk barang ekstra yang akan dibawa, seperti uang, kacamata renang, dan losion matahari.

10. Menyiapkan Kacamata Renang

Kacamata renang dapat membantu untuk melihat lebih baik ketika berenang sekaligus melindungi mata dari iritasi. Kacamata renang memiliki bobot yang sangat ringan serta efektif menahan air.

Beberapa masalah yang sering muncul seputar kacamata renang diantaranya adalah munculnya kabut pada kacamata. Untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan spray anti fog yang banyak tersedia di marketplace online.

Untuk alternatifnya adalah dengan memanfaatkan sampo. Gunakan sebagai sabun untuk mencuci kacamata renang baik sebelum maupun sesudah berenang. Setelah dibilas, sampo akan meninggalkan lapisan pelindung tipis yang dapat mencegah kacamata berkabut.

11. Persiapan untuk Sanitasi

Bawalah sampo, kondisioner, shower gel, serta deodoran. Usahakan untuk membawa dua handuk untuk kamu yang memiliki rambut panjang.

Bila aktivitas renang dilakukan outdoor, sebaiknya memakai dulu tabir surya sebelum masuk ke kolam. Ini baik untuk merawat kulit dan menghindari risiko kanker. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dan gunakan waktu yang cukup untuk mengoleskannya dengan merata tanpa tergesa-gesa.

Itulah beberapa catatan yang dapat membantu dalam persiapan sebelum berenang. Persiapan yang baik akan memudahkanmu mencapai tujuan yang sesuai harapan atau mendekati yang diharapkan.

Seringkali acara menjadi kacau karena tidak melakukan persiapannya terlebih dahulu atau lalai dalam memeriksa apa yang telah dipersiapkan. Poin-poin di atas bisa kamu tambah dengan persiapan personal, yang tentunya berbeda untuk setiap orangnya.
 
Atas.